Friday, 28 April 2017

Detergen Diganti Pengawet Makanan

Ilustrasi
CURUP RPP – Balai Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) Provinsi Bengkulu meminta para petani untuk mengganti detergen dengan Natrium Metabilsulfit dalam pembuatan gula aren. Natrium Metabilsulfit sendiri merupakan sejenis pengawet makanan anorganik. Senyawa yang memiliki penampakan kristal atau bubuk berwarna putih yang bersifat mudah larut dalam air dan sedikit larut dalam alkohol. Dan bahan ini diperbolehkan dalam penggunaanya di makanan.
"Nanti kita kita arahkan dengan menggunakan Natrium Metabilsulfit karena bahan ini cukup murah dan bisa digunakan langsung dimakanan dengan takaran yang sudah ditentukan," kata Kasi Pemeriksaan dan Penindakan BPOM Bengkulu, Drs. Safrudin T. Apt MSi saat ditemui RPP dalam kegiatan sosialisasi di RL belum lama ini.

Untuk mensosialisasikan penggunaan Natrium Metabilsulfit sebagai pengganti detergen, pihaknya akan melakukan pertemuan langsung dengan pembuat gula aren. Sebab cara penggunaanya juga harus disampaikan, begitu juga dengan takarannya. Karena jika penggunaanya berlebihan juga akan membahayakan kesehatan.
“Perlu ada koodinasi lintas sektor untuk merealisasikannya seperti Dinas Kesehatan, Dinas Ketahanan Pangan, Dinas Pertanian dan Perikanan, Dinas Perdagangan, Koperasi UKM Perindustrian dan sektor terkait lainnya,” tutup Syafrudin. (ben)
  • Komentar via G+
  • Komentar via Facebook

0 komentar:

Item Reviewed: Detergen Diganti Pengawet Makanan Rating: 5 Reviewed By: Radar Pat Petulai