Tuesday, 25 April 2017

BPBD Terima Alat Wheel Loader

Alat berat ini berfungsi sebagai sarana pembersih dan penanganan pada saat terjadi bencana longsor.
SELUPU REJANG RPP - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Rejang Lebong (RL) menerima 1 unit alat berat berupa Wheel Loader, Senin (24/4). Alat berat ini berfungsi sebagai sarana pembersih dan penanganan pada saat terjadi bencana longsor. Alat berat ini sudah lama diidam-idamkan pihak BPBD, mengingat di daerah ini terdapat sejumlah wilayah rawan longsor, hingga kemudian dianggarkan melalui APBD RL tahun 2017.

Kepala BPBD RL, Basuki S.Sos menerangkan, kendaraan ini merupakan alat berat perdana yang dimiliki BPBD RL. Sebelumnya, ketika terjadi longsor pihaknya masih menggunakan alat manual dengan menggerakkan Tim Reaksi Cepat (TRC) ke lokasi. "Jika ditanggulangi manual dengan tenaga manusia, tentu penanganan longsor akan memakan waktu berjam-jam. Dengan adanya alat berat ini, maka semua itu akan terasa ringan dan cepat," kata Basuki.

Lanjutnya, alat berat yang dipilih jenis Wheel Loader ini karena, selain memiliki ban jenis karet yang bisa menempuh langsung ke lokasi, alat ini pula bisa mendorong serta mengangkat tanah atau meterial longsor. "Untuk kecepatan alat ini bisa menempuh hingga 40 Km per jam. dan juga bisa mengangkat material ke atas mobil truk pengangkut, jadi sangat berguna dalam penanganan longsor," terangnya. (ben)
  • Komentar via G+
  • Komentar via Facebook

0 komentar:

Item Reviewed: BPBD Terima Alat Wheel Loader Rating: 5 Reviewed By: Radar Pat Petulai