Friday, 7 April 2017

Belum Susun RKAS, BOS Tak Bisa Cair


CURUP RPP - Meskipun dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) SD dan SMP sudah masuk ke rekening masing-masing sekolah. Namun pencairannya belum bisa dilakukan karena masih banyak sekolah yang belum menyelesaikan Rencana Kegiatan Anggaran Sekolah (RKAS) dan menyerahkan ke Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Kabupaten Rejang Lebong (RL).

Menurut Manager BOS Kabupaten RL, Hanapi, S.Pd, MM, hal ini terjadi karena masih banyak sekolah yang merasa kesulitan dalam pembuatan RKAS. Pasalnya ada perubahan-perubahan pada juklak juknis dana BOS tahun 2017 ini.
“Namun kita tetap meminta sekolah segera melakukan pembuatan RKAS. Kalau semuanya sudah beres RKAS-nya tinggal kita ubah menjadi RKAS SKPD, kemudian baru bisa menjadi Rencana Penggunaan Dana (RPD)," kata Hanapi.

Diakuinya, memang pemberkasan untuk pencairan dana BOS ini bukan hanya terkendala di daerah RL saja, tapi seluruh indonesia. Sebab untuk kode rekening tidak lagi dibuat oleh sekolah kecuali sekolah swasta. Hal ini berdasarkan Permendikbud Nomor 8 Tahun 2017 Tentang Petunjuk Teknis Bantuan Operasional Sekolah.

Kode rekening tersebut dibuat oleh pihak Dikbud berdasarkan kecocokan dari RKAS yang telah dibuat oleh pihak sekolah. Setelah adanya kode rekening tersebut, pihak Dikbud akan menyampaikan ke keuangan agar pencairan bisa dilakukan.

Di samping itu, pihak Dikbud juga memberikan sosialisasi tentang keakuratan Data Pokok Pendidikan (Dapodik) setiap sekolah jangan sampai jumlah dana yang diterima tidak sesuai dengan jumlah siswa. Karena pemerintah pusat melihat anggaran melalui dapodik yang dibuat oleh sekolah. (ymr)
  • Komentar via G+
  • Komentar via Facebook

0 komentar:

Item Reviewed: Belum Susun RKAS, BOS Tak Bisa Cair Rating: 5 Reviewed By: Radar Pat Petulai