Wednesday, 12 April 2017

Batik Kaganga Hampir Punah

Pelatihan batik Kaganga dalam melestarikan batik khas RL.
CURUP RPP - Batik kaganga merupakan batik motif khas Kabupaten Rejang Lebong (RL), namun sekarang sudah hampir punah. Terakhir, batik kaganga diproduksi Koperasi Pei Citra Daerah. Hanya saja, koperasi tersebut sekarang sudah tidak ada.

Guna melestarikan batik kaganga, Dinas Perdagangan, Koperasi UKM dan Perindustrian Kabupaten RL menggelar pelatihan batik kaganga untuk 20 pengrajin batik RL yang ada di tujuh kecamatan yakni Curup, Curup Timur, Curup Selatan, Curup Utara, Curup Tengah, Bermani Ulu dan Bermani Ulu Raya (BUR).

Disampaikan Kepala Dinas Perdagangan, Koperasi UKM dan Perindustrian Kabupaten RL Sabirin Saleh melalui Kabid Perindustrian Masdalena, SE, MM, pelatihan digelar Selasa-Sabtu (11-15/4) di hotel dalam Kota Curup. "Kita arahkan mereka memahami lebih mendalam pada pembuatan batik kaganga. Mulai dari proses awal sampai selesai pembuatan," kata Masdalena.

Pelatih yang didatangkan merupakan pengrajin dari Solo dan Bantul, yang merupakan pengrajin handal dan profesional, juga sudah memproduksi banyak batik, termasuk batik kaganga.
Masdalena juga berharap, pelatihan yang dilaksanakan pihaknya, bisa menghidupkan kembali batik kaganga di RL dan para pengrajin bisa menjadikan usaha batik kaganga sebagai home industri yang memproduksi batik khas RL tersebut. (ben)
  • Komentar via G+
  • Komentar via Facebook

0 komentar:

Item Reviewed: Batik Kaganga Hampir Punah Rating: 5 Reviewed By: Radar Pat Petulai