Friday, 21 April 2017

Atap Rumah Mantan Imam Masjid Melayang Digulung Puting Beliung


CURUP TENGAH RPP - Hujan deras disertai angin kencang Kamis (20/4) sekira pukul 15.40 WIB memporak-porandakan empat rumah di Talang Rimbo Lama Kecamatan Curup Tengah. Salah satu yang terparah dialami rumah Ishak Aliadi (74), mantan Imam Masjid Hidayatullah. Atap rumah Ishak beterbangan hingga puluhan meter.

Menurut penuturan Nafsiah (70), Istri Ishak, saat kejadian ia tengah tertidur pulas di dalam kamar ditemani Dea (8) cucunya. Sedangkan suaminya yang sudah buta sejak tiga tahun terakhir duduk di ruang tengah. Ia terbangun ketika air hujan menerpa tubuhnya, saat itu juga terdengar suara seperti gempa.

Tampak angin berputar dan atap rumahpun terangkat. Ia pun langsung bergegas menarik tangan suaminya yang saat itu tengah duduk. Namun saat akan keluar rumah, hujan masih turun sangat deras. Ia pun mengurungkan niatnya dan tetap bertahan di dalam rumah meskipun rawan roboh sembari terus berdoa. Beruntung tak lama kemudian warga sekitar langsung berupaya mengevakuasinya keluar rumah bersama suami dan cucunya. "Aku sudah 8 tahun ini sakit darah tinggi, suami aku buta sejak 3 tahun lalu, jadi yang ngurusi aku anak bungsu aku Deni," tutur Nafsiah.

Hal senada diungkapkan Ishak Aliadi, dirinya juga mendengar suara gemuruh di bagian atap rumah. Kejadian itu menurutnya begitu cepat, hanya hitungan detik saja, tetapi sudah meluluhlantakkan atap rumah. "Maklum aku buta, jadi aku dengar orang ngomong tadi atap rumah aku separohlah terbang hingga ke seberang jalan," ujarnya.

Ishak menambahkan tak hanya rumah pribadinya, ruko yang ada di depan rumahnyapun atap rumahnya juga terangkat. “Aku dak bisa berbuat banyak, jalan saja selalu dibimbing, bagaimana mau memperbaiki atap rumah. Jadi aku mohon kepada pihak terkait untuk membantu, sebab akibat atap terbang, hampir seluruh isi rumah basah," harapnya.

Sementara itu, korban lainnya, Peri juga mengisahkan hal yang sama. Namun hanya satu seng yang terbang, karena itu begitu hujan reda ia langsung memperbaikinya. Tak hanya itu, kata warga yang melihat kejadian itu, pengendara sepeda motor yang lewat dijalan Suprapto, sepeda motornya terangkat, tapi cuma sebentar. "Aku dak bisa bayangkan kalau kejadiannya tadi hingga satu menit saja, pasti akan banyak lagi rumah yang rusak," tutup Peri.

Pantauan RPP, setelah hujan reda, warga sekitar mulai bergotong royong, mengumpulkan atap seng yang beterbangan milik Ishak. Warga mulai satu per satu memasang kembali atap seng yang beterbangan. Bahkan pihak PLN langsung tiba dilokasi dan memutuskan arus listrik yang mengalir di rumah Ishak, guna mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan. (wsa)
  • Komentar via G+
  • Komentar via Facebook

0 komentar:

Item Reviewed: Atap Rumah Mantan Imam Masjid Melayang Digulung Puting Beliung Rating: 5 Reviewed By: Radar Pat Petulai