Wednesday, 12 April 2017

Angka Kemiskinan Naik Selupu Rejang Terbanyak

ilustrasu
CURUP RPP - Angka kemiskinan tahun 2017 di Kabupaten Rejang Lebong (RL) naik jika dibandingkan tahun 2016 lalu . Tahun  2016 lalu hanya 19.514 Kepala Keluarga (KK) sedangkan tahun ini menjadi 21.465 KK.

Menurut Kepala Bagian Administrasi Perekonomian dan Penyertaan Modal Setdakab RL, Zulfan Effendi, MM data itu berdasarkan data dari Badan Pusat Statistik (BPS) RL untuk kepentingan pendataan penerima beras sejahtera (Rastra) dan program Pinjaman Dana Bergulir Tanpa Bunga (BDBTB).
"Ada kenaikan, jika melihat data penerima Rastra itu paling banyak KK kurang mampu ada di Kecamatan Selupu Rejang. Sebanyak 2.061 KK kemudian diikuti Kecamatan Kota Padang sebanyak 2.049 KK dan Sindang Beliti Ulu sebanyak 1.925 KK," ungkap Zulfan.

Sementara itu, Kasubag Sarana Perekonomian dan Pengembangan Teknologi, Hartoni, SH, M.Si memaparkan, kuota rastra hasil perbaikan dari Kementerian Sosial RI sudah keluar. Paling banyak untuk Kecamatan Selupu Rejang sebanyak 2.061 dan yang paling sedikit mendapatkan kuota Keluarga Penerima Manfaat (KPM) Rastra yakni Kecamatan Sindang Kelingi sebanyak 754 KK saja.

Karena ada penambahan 1 KPM dari sebelumnya hanya sebanyak 21.464 KPM dan kini menjadi 21.465 KPM, maka semua tahapan proses penyaluran akan dimulai sejak nol lagi. Rencananya hari ini, Rabu (12/4) mereka akan menggelar sosialisasi penyaluran rastra ini kepada pihak terkait, termasuk kecamatan.

Rapat itu bertujuan untuk menentukan teknis penyaluran, dimana salah satunya akan membahas mengenai biaya tambahan untuk transportasi dari titik distribusi ke titik bagi yang menjadi kewenangan Pemkab RL atau sumbangan sukarela masyarakat.
"Besok kita rapatkan lagi mengenai biaya tambahan di luar Rp 1.600 per kilogram itu. Supaya penetapannya tidak menyalahi aturan. Jika memungkinkan nanti dibuatkan SK Bupati tentang penetapan biaya tambahan itu. Kemudian di APBDP nanti kita anggarkan biaya tambahannya, kalau tidak terakomodir nanti di APBD 2018," jelas Toni. (yon)
  • Komentar via G+
  • Komentar via Facebook

0 komentar:

Item Reviewed: Angka Kemiskinan Naik Selupu Rejang Terbanyak Rating: 5 Reviewed By: Radar Pat Petulai