Tuesday, 4 April 2017

136 KK Kesulitan Air Bersih

Agus Waluyo

Puluhan Hektar Sawah Kekeringan

SEBANYAK 136 Kepala Keluarga (KK) Dusun III Desa Belitar Muka, Kecamatan Sindang Kelingi kesulitan mendapatkan air bersih. Karena, sejak 3 tahun lalu sumur-sumur warga mengalami kekeringan.

Kepala Dusun (Kadus) 3 Desa Blitar Muka, Agus Waluyo mengungkapkan, sumur-sumur warga tersebut mengalami kekeringan, lantaran Siring Kelingi sebagai sumber resapan desa setempat kering, tidak lagi dialiri air. Sebab, bagian kepala siring yang terletak di Desa Pelalo ditimbun longsor. Menurut Agus, sebenarnya bukan hanya Dusun III saja yang kesulitan mendapatkan air bersih, tetapi seluruh warga di Desa Belitar Muka dan Desa Belitar Seberang mengalami hal yang sama. "Sudah 3 tahun, sejak kepala siring di Desa Pelalo tertimbun longsor, sampai kini belum diperbaiki. Jadi dampaknya, sumur-sumur warga kering. Padahal, air sumur itu kami gunakan untuk kebutuhan sehari-hari," jelas Agus.

Bukan hanya sumur, bahkan puluhan hektar sawah juga kekeringan. Sehingga, sejak 3 tahun lalu warga tidak lagi menanami padi di sawah mereka. "Di dusun kami saja ada sekitar puluhan hektar sawah. Belum ditambah sawah di dusun lainnya. Karena tidak ada air, sekarang petani hanya menanami lahannya dengan tanaman palawija," keluh Agus.

Karena kesulitan mendapatkan air, warga akhirnya berinisiatif berlangganan air PDAM. Tetapi menurut Agus, warga mengeluhkan kondisi air yang keruh, sehingga tidak layak untuk dikomsumsi. "Meskipun sebenarnya tidak layak konsumsi, tetapi mau bagaimana lagi. Air itulah yang kami minum sehari-hari," terang Agus.

Untuk itu, Agus berharap agar pemerintah dapat memperbaiki bagian kepala Siring Kelingi yang tertimbun longsor, agar Siring Kelingi kembali teraliri air dan petani bisa kembali menggarap sawah-sawah mereka. Selain itu, dia juga beharap agar PDAM dapat menyediakan air bersih yang layak dikonsumsi. "Kami berharap ada solusi dari pemerintah. Jika kami terus mengkonsumsi air keruh, bisa saja kami terserang penyakit," pungkas Agus. (wsa)
  • Komentar via G+
  • Komentar via Facebook

0 komentar:

Item Reviewed: 136 KK Kesulitan Air Bersih Rating: 5 Reviewed By: Radar Pat Petulai