Wednesday, 8 March 2017

Tebar Ratusan Ikan Jelawat di Perairan RL

PERWAKILAN dari Kementerian Kelautan dan Perikanan serta Kabid Perikanan RL Aryanto melaksanakan penebaran ikan di Danau Mas Harun Bastari.
CURUP RPP - Perwakilan Direktorat Jenderal Perikanan Budidaya (DJPB) Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) RI, didampingi Kepala Dinas Pertanian dan Perikanan Kabupaten Rejang Lebong (RL) melakukan penebaran ikan (restocking) sebanyak 310.500 bibit ikan jelawat di dua lokasi dalam Kabupaten RL.

Bantuan bibit ikan tersebut secara simbolis diserahkan langsung oleh Wakil Gubernur Bengkulu, Dr drh Rohidin Mersyah, MM di Danau Suro Kabupaten Kepahiang, Selasa (7/3). Selanjutnya, pada hari yang sama ratusan bibit ikan tersebut langsung ditebarkan, rinciannya 300.000 bibit ikan di tebar di Danau Mas Harum Bastari dan 10.500 bibit ikan di Dam Air Rambai Curup.

Kepala Dinas Pertanian dan Perikanan RL, Akhmad Rifai SP melalui Kabid Perikanan Aryanto SP mengatakan, bantuan ikan jelawat ini merupakan hasil usulan pihaknya tahun 2015 lalu. Karena di tahun 2016 kuota bantuan sudah terpenuhui, maka di awal tahun 2017 ini bantuan yang diusulkan baru bisa dicover oleh Kementerian. "Bantuan ini merupakan usulan kita dan Alhamdulillah bisa direalisasi tahun ini," kata Aryanto.

Aryanto melanjutkan, sifat ikan jelawat ini sendiri cocok hidup di air mengalir. Ikan jenis herbifora ini bisa memakan tumbuhan dan secara tidak langsung nantinya bisa membersihkan rumput di lokasi objek wisata Danau Mas Harun Bastari. "Ikan yang saat ini telah kita tebar, sudah bisa dikonsumsi setelah 4 bulan kedepan. Dipersilakan nantinya ditangkap dan dikonsumsi, guna memperbaiki gizi masyarakat," pungkasnya.(ben)
  • Komentar via G+
  • Komentar via Facebook
Item Reviewed: Tebar Ratusan Ikan Jelawat di Perairan RL Rating: 5 Reviewed By: Radar Pat Petulai