Thursday, 9 March 2017

Talang Belitar Diterjang Puting Beliung, 5 Rumah dan 1 Mobil, Rusak

LEPAS: Atap rumah salah seorang warga yang melayang akibat diterjang puting beliung.
BENGKO RPP – Angin puting beliung kembali menerjang Rejang Lebong. Kali ini terjadi di Desa Talang Belitar Kecamatan Sindang Dataran, Rabu (8/3) sekitar pukul 17.45 WIB. Akibatnya, 5 unit rumah warga mengalami rusak dan satu unit mobil mengalami pecah pada kaca bagian depan.

Kepada RPP Rabu petang, Camat Sindang Dataran, Suradi, M.Si mengaku pasca kejadian langsung turun ke lokasi dan melakukan gotong royong memperbaiki atap rumah warga yang rusak. Serta mencari salah satu atap teras rumah warga yang hilang terbawa angin.
"Ini saya sedang di lokasi kejadian, bersama warga yang lain kami langsung gotong royong memperbaiki atap rumah. Sebagian warga lagi mencari atap teras rumah warga yang hilang entah kemana dibawa oleh angin itu tadi. Anginnya bergulung-gulung sangat kencang sehingga warga mencari perlindungan masing-masing," kata Suradi.

Masih menurut camat, rumah warga yang rusak itu yakni milik Sahroni, Sutris, Paidi, Basuki dan Miskat. Sedangkan mobil yang rusak milik Somad. Atas kejadian itu ditaksir kerugian warga mencapai puluhan juta rupiah. Ia mengaku sudah melaporkan kejadian ini kepada Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) RL.
"Saya sudah menghubungi BPBD dan mereka langsung meluncur ke sini. Saya masih instruksikan kepada warga untuk selalu waspada karena dengan kondisi geografis kami di bawah Gunung Kaba dengan cuaca ekstrem seperti memang sangat rawan angin puting beliung," pungkasnya.

Terpisah, saat dikonfirmasi Kepala BPBD RL Basuki S.Sos mengaku pihaknya sudah mengirimkan 5 orang tim reaksi cepat (TRC) untuk melakukan kaji cepat di lokasi kejadian. Melakukan pendataan kepada korban, kondisi bencana, waktu kejadian dan kronologi kejadian atau menggunakan rumus 5W+H untuk penanganan darurat. "Ada lima orang yang kita berangkatkan mereka membawa terpal dan bahan makanan untuk korban angin puting beliung ini. Mereka melihat kondisinya, sehingga kita bisa tahu penanganan lebih lanjutnya bagaimana," singkat Basuki. (yon)
  • Komentar via G+
  • Komentar via Facebook
Item Reviewed: Talang Belitar Diterjang Puting Beliung, 5 Rumah dan 1 Mobil, Rusak Rating: 5 Reviewed By: Radar Pat Petulai