Wednesday, 1 March 2017

STAIN Curup Targetkan 1.500 Mahasiswa Baru


SEKOLAH Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Curup mulai mensosialisasikan program-program studi (prodi), baik prodi baru maupun prodi lama. Sosialisasi dari tim STAIN Curup ini bertujuan untuk lebih memperkenalkan STAIN Curup yang saat ini banyak pilihan prodi yang ditawarkan. Dengan 16 Prodi yang ada, pihak STAIN Curup menargetkan 1.500 mahasiswa baru pada penerimaan tahun akademik 2017/2018 ini.

Wakil Ketua 1 STAIN Curup Hendra Harmi MPd mengatakan, mulai akhir tahun 2016 lalu pihaknya telah menurunkan 5 tim untuk mensosialisasikan penerimaan mahasiswa baru yang difokuskan ke pondok-pondok pesantren dan madrasah. Adapun 5 kelompok yang dibagi ke berbagai kawasan ini yakni, kawasan Rejang Lebong, Lebong, Kepahiang, Musirawas, LubukLinggau, Muratara, Bangko, Surolangun, Ogan Komering Ulu (OKU), Lahat, Muara Enim dan Tebing Tinggi. Tim ini juga menyampaikan teknis penerimaan mahasiswa baru yang melewati 3 jalur, yakni jalur penerimaan melalui Seleksi Prestasi Akademik Nasional Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (SPAN-PTKIN) yang dibuka mulai 4 Maret sampai 4 April 2017. Kemudian jalur penerimaan tahap kedua, yakni jalur Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (UM-PTKIN) yang dibuka mulai April. Dan tahap ketiga melalui jalur ujian masuk mandiri atau lokal.

Selain ke pondok pesantren dan madrasah, pada tanggal 28-30 November 2016 lalu, tim ini juga bersosialisasi ke SMA dan SMK di Rejang Lebong, Lebong, Kepahiang, Lubuklinggau, Musirawas, dan beberapa wilayah lainnya. "Sebanyak 65 sekolah, baik pondok pesantren, madrasah dan SMA/sederajat telah didatangi. Kurang lebih 2500 calon mahasiswa yang telah didata di semua sekolah. Untuk jalur prestasi, STAIN Curup memiliki kuota sebanyak 615 mahasiswa baru. Mudah-mudahan tahap pertama ini kuotanya terpenuhi, dan akan ditambah 2 kuota melalui jalur UM-PTKIN dan jalur mandiri," kata Hendra.

Dengan banyak pilihan prodi ini, tambahnya, tentu akan menjadi daya tarik sendiri bagi masyarakat untuk melangkah ke jenjang Strata 1 (S1), serta meningkatkan kualitas mahasiswa.

Adapun prodi yang ditawarkan antara lain, Prodi Pendidikan Agama Islam (PAI), Tadris Bahasa Inggris (PBI), Pendidikan Bahasa Arab (PBA), Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI), Manajemen Pendidikan Islam (MPI), Bimbingan Konseling Islam (BKI), Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI), Ilmu Al-Quran dan Tafsir (IAT), Hukum Keluarga (Akhwal Syahisyyah), Perbankan Syariah (PS), Bimbingan Penyuluhan Islam, Tadris Matematika, Tadris Bahasa Indonesia, Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Ekonomi Syariah dan Hukum Tatanegara Islam. (ae1)
  • Komentar via G+
  • Komentar via Facebook
Item Reviewed: STAIN Curup Targetkan 1.500 Mahasiswa Baru Rating: 5 Reviewed By: Radar Pat Petulai