Thursday, 9 March 2017

Sssttt.. Ada Dewan “Siluman” Kunker ke RL

INILAH Anggota DPRD Sarolangun Jambi yang berkunjung ke DPRD RL kemarin. Dari 11 orang dalam buku tamu, hanya 4 orang ini yang hadir.
CURUP RPP - Ada-ada saja ulah oknum anggota DPRD Kabupaten Sarolangun, Jambi ini. Saat mereka melakukan kunjungan kerja (Kunker) ke DPRD Rejang Lebong (RL), dari 11 orang yang terisi dalam absen atau buku tamu. Ternyata hanya ada 4 orang saja yang hadir. Sisanya menjadi anggota dewan “siluman” karena hanya ada namanya saja sementara orangnya tidak ada.

Sebelas nama anggota DPRD Sarolangun yang namanya ada dalam rombongan Kunker itu yakni H. Hapis Hasbiallah, SE sebagai Waka II DPRD Sarolangun, Muslim Hamzah, SE sebagai Ketua Komisi I, Hapis, Bambang Gunawan, SE, Aang Purnama, SE, Edi Warman, Hermi, S.Sos, Suparmin, SE, H. A Slamet Wastolo, Ali Muntoha, S.Ag dan Mulyadi. Sedangkan yang benar-benar hadir hanya H. Hapis Hasbiallah, SE, Muslim Hamzah, SE, Hermi, S.Sos dan Ali Muntoha, S.Ag.

Saat dikonfirmasi Waka II DPRD Sarolangun, Hapis Hasbiallah, SE mengatakan rekan-rekannya yang hanya ada namanya dalam absensi itu sebenarnya ikut datang ke RL. Hanya saja mereka saat rekan-rekannya Kunker sedang asyik tidur di hotel.
"Datang kok, mereka ikut ke sini dan kebetulan sekarang sedang tidur di hotel. Sedang menikmati alam Rejang Lebong yang asri dan sejuk ini, karena kami di sini dua hari. Hari ini ke DPRD, besok berkeliling melihat potensi daerah ini untuk diterapkan di sana," kata Hapis.

Ia menjelaskan, kunjungan ini untuk mempelajari tentang pemberdayaan masyarakat desa bidang kesehatan. Sebagai contoh, di Kabupaten Sarolangun mereka belum menganggarkan anggaran Jaminan Kesehatan Daerah (Jamkesda) bagi masyarakat yang belum tercover dalam BPJS Kesehatan.
"Di sini untuk itu dianggarkan Rp 5 miliar, di sana belum ada. Mungkin ini nanti bisa kita anggarkan juga. Kemudian tadi juga membahas tentang APBD dan PAD yang jumlahnya hampir sama dengan kita. Termasuk tentang pengelolaan pariwisata dan pertanian, kultur alam di sini hampir sama dengan Sarolangun, tapi di sana belum tergali secara maksimal," pungkasnya.

Sementara itu, rombongan Kunker ini hanya disambut oleh Rudi Irianto S.Mn dari 30 anggota DPRD RL. Menurut Rudi anggota DPRD Sarolangun ini tidak mengirimkan Fax terlebih dahulu, hanya menghubungi melalui handphone dan mendadak. Sehingga banyak anggota DPRD RL yang sedang keluar kota.
"Tadi membahas tentang program kesehatan, kemudian pengelolaan pariwisata dan juga mereka meminta pendapat kita mengenai pergantian ketua DPRD Sarolangun. Kasusnya ketua DPRD Sarolangun itu tersandung kasus hukum dan langsung dipecat dari partainya, akan tetapi yang bersangkutan tetap melaksanakan tugasnya sebagai ketua DPRD. Mereka bingung bagaimana untuk memberhentikannya, dan kita sarankan untuk melakukan rapat bersama," kata Rudi.

Sebelum kunjungan rombongan DPRD Sarolangun ini, juga ada kunjungan kerja komisi III DPRD Merangin yang secara geografis juga bersebelahan dengan Sarolangun, sama-sama dalam Provinsi Jambi. Rombongan ini juga diterima hanya oleh Rudi Irianto. Mereka membahas tentang pengawasan BUMN dan BUMD. (yon)
  • Komentar via G+
  • Komentar via Facebook
Item Reviewed: Sssttt.. Ada Dewan “Siluman” Kunker ke RL Rating: 5 Reviewed By: Radar Pat Petulai