Friday, 10 March 2017

Satu Madrasah Akreditasi Ulang


CURUP RPP – Dari 12 madrasah yang berada di bawah naungan Kantor Kementrian Agama (Kemenag) Rejang Lebong (RL), hanya satu yang akan melakukan akreditasi ulang tahun ini.  Kepala Kantor Kemenag RL, Drs. H. M Ch Naseh, M.Ed melalui Kasi Madrasah, Drs. Kadar Najmidin M.Pd mengatakan madrasah itu adalah Madrasah Ibtidaiyah (MI) Miftahul Jannah.

Dikatakan, MI Miftahul Jannah akan melakukan akreditasi ulang karena akreditasi madrasah itu sudah habis masa berlakunya tahun ini. "Kalau yang lain sudah terakreditasi semua. Hanya saja masa berlakunya yang berbeda-beda dan tahun ini hanya ada 1 yang bakal diakreditasi ulang," kata Kadar.

Di samping itu, ada pula madrasah pilial yang terletak di Kecamatan Padang Ulang Tanding (PUT) yang tidak bisa diakreditasi. Karena masih menginduk dengan MAN Curup. Tetapi jika sudah tidak bergabung lagi dengan MAN Curup baru bisa diusulkan akreditasi. "Kalau untuk madrasah pilial yang didirikan sejak 2014 lalu itu belum bisa dilakukan akreditasi, karena masih bergabung dengan MA," lanjutnya.

Manfaat akreditas ini sangat banyak diantaranya acuan dalam upaya peningkatan mutu sekolah atau madrasah dan rencana pengembangan sekolah atau madrasah. Lalu bagi masyarakat dan khususnya orangtua peserta didik, hasil akreditasi diharapkan menjadi informasi yang akurat tentang layanan pendidikan yang ditawarkan oleh setiap sekolah atau madrasah, sehingga secara sadar dan bertanggung jawab masyarakat dan khususnya orangtua dapat membuat keputusan dan pilihan yang tepat dalam kaitannya dengan pendidikan anaknya sesuai kebutuhan dan kemampuannya. Oleh sebab itu setiap sekolah atau madrasah tak hanya diminta untuk siap dalam masalah administrasi saja, tetapi juga fisik seperti pagar sekolah juga sebagai penunjang akreditasi. (ymr)
  • Komentar via G+
  • Komentar via Facebook
Item Reviewed: Satu Madrasah Akreditasi Ulang Rating: 5 Reviewed By: Radar Pat Petulai