Wednesday, 8 March 2017

Puluhan Hektare Sawah Kesulitan Air

BUTUH PERBAIKAN: Kantong menunjukan salah satu titik saluran irigasi yang rusak.
LEMBAK RPP – Saluran irigasi Air Ringau di Desa Belumai 2 Kecamatan Padang Ulak Tanding (PUT) mengalami kerusakan sepanjang 500 meter. Akibatnya seluas 50 hektare sawah di desa itu kesulitan mendapat air. Bahkan 10 hektare sawah tidak bisa digarap karena sampai sekarang tidak mendapat pasokan air sama sekali.

Kantong (43) salah satu warga Desa Belumai 2 mengatakan kerusakan saluran irigasi ini sudah cukup lama atau sejak 2014 lalu. Kerusakan rata-rata terjadi pada bagian lantai dan dinding yang jebol sehingga menyebabkan kebocoran dan air itu tidak masuk dalam areal persawahan. “Kami sudah berulang-ulang kali menyampaikan masalah ini kepada Dinas PU Bagian Pengairan. Tapi belum pernah diperbaiki. Untung saja sekarang lagi musim hujan sehinga air masih bisa didapat. Tapi kalau musim kemarau nanti, pasti akan banyak yang kekeringan,” ungkapnya.

Karena itu ia berharap dinas terkait baik dari Dinas Pertanian dan Perikanan dan Dinas PU supaya segera mencarikan solusi agar irigasi yang rusak ini bisa diperbaiki. “Tolong diperbaiki dan dibangun sebab irigasi ini sangat dibutuhkan kami para petani di desa ini,” harapnya. (sr5)
  • Komentar via G+
  • Komentar via Facebook
Item Reviewed: Puluhan Hektare Sawah Kesulitan Air Rating: 5 Reviewed By: Radar Pat Petulai