Friday, 3 March 2017

Petani Padi Bisa Dapat Asuransi, Syaratnya..

AKHMAD RIFAI
CURUP RPP - Keinginan para petani padi di Kabupaten Rejang Lebong (RL) agar diadakannya asuransi bagi petani padi jika mengalami gagal panen mendapat tanggapan dari Kepala Dinas Pertanian dan Perikanan RL Ahkmad Rifai SP. Menurutnya, Distan siap untuk memfasilitasi petani membentuk asuransi tersebut.

Syaratnya, kelompok tani bisa menghimpun pada anggotanya agar disosialisasikan untuk mengikuti asuransi tersebut. Karena menurut Rifai, dengan mengikuti asuransi sangat banyak sekali manfaatnya bagi masyarakat. Jika gagal panen, petani tidak perlu lagi gelisah tidak memiliki modal untuk kembali menggarap lahan pertaniannya.
"Kalau memang keinginan petani seperti itu nanti kita fasilitasi, silahkan kumpulkan anggotanya siapa saja. Kemudian sosialisasikan tentang manfaat ikut dalam asuransi ini. Setelah itu koordinasikan kekita nanti kita hubungi pihak asuransi Jasindo, kapan dan dimana tempatnya tinggal kita datangkan Jasindo," ungkap Rifai.

Mantan pejabat di Sekretariat DPRD Musirawas Utara itu menambahkan, jika sudah masuk dalam asuransi ini. Maka petani akan mendapatkan manfaat yang luar biasa. "Kalau gagal panen petani bisa mengajukan klaimnya ke pihak asuransi, setelah di survey oleh asuransi kemudian dana bisa dicairkan. Jumlahnya lumayan banyak dan preminya per bulan itu sangat kecil, jadi ini sangat membantu. Karena sistem ini kami juga sudah melihatnya di daerah lain di pulau jawa," pungkasnya. (yon)
  • Komentar via G+
  • Komentar via Facebook
Item Reviewed: Petani Padi Bisa Dapat Asuransi, Syaratnya.. Rating: 5 Reviewed By: Radar Pat Petulai