Thursday, 9 March 2017

Penjaga Pintu Air Meradang, Honor Belum Dibayar Setahun

TAGIH HONOR: Petugas PPA belumai 2, Kantong dan PPA Belumai 1, Herman ketika mengisahkan soal honor mereka yang belum dibayarkan setahun lebih.
LEMBAK RPP – Petugas Penjaga Pintu Air (PPA) di Desa Belumai 1 dan Belumai 2 Kecamatan Padang Ulak Tanding (PUT) benar-benar dibuat meradang. Bagaimana tidak, sudah honor kecil, hanya Rp 350 ribu per bulan, pembayarannya malah macet. Bahkan sudah setahun lebih honor mereka tidak dibayarkan. Yakni sepanjang tahun 2016.

Sementara tugas mereka cukup berat, yakni mengurus saluran irigasi yang ada di dua desa itu. Setiap hari mereka harus mengontrol seluruh saluran irigasi dengan menjaga pintu air agar tetap lancar mengalir. "Tidak mungkin kita kerja bakti saja. Kitakan ada tangung jawab, ada anak istri. Mau diberi makan apa anak istri kami, sedangkan sudah satu tahun lebih honor kami belum dibayar,” ungkap Kantong (43), salah seorang petugas PPA Desa Belumai 2 kepada RPP, kemarin (7/3)

Menurut dia, keadaan ini bukan hanya ia yang mengalami tapi hampir seluruh petugas PPA di Belumai 1 dan 2. Sedangkan setiap kali ada permasalahan tentang air yang mengalir ke irigasi  persawahan, warga pasti mengadu ke mereka, begitu juga pihak SKPD terkait.

Di tempat yang sama, Herman (31) petugas PPA Desa Belumai 1 juga mengalami nasib yang tidak jauh berbeda. Menurut Herman, mereka sudah berulang kali menanyakan masalah ini kepada bagian pengairan Dinas PU Rejang Lebong. “Jawaban yang diberikan sangat mudah, honor masih diurus. Sementara kenyataannya honor kami tidak juga pernah cair,” sesalnya.

Plt Kepala Dinas Pekerjaan Umum, Penataan Ruang, Perumahan dan Kawasan Pemukiman RL, Selamet Riadi, ST ketika dikonfirmasi mengaku kurang tahu persis persoalan macetnya honor PPA ini karena ia baru menduduki posisi Plt. kepala dinas. Tapi seingat dirinya kontrak PPA seluruhnya sudah berakhir pada akhir tahun 2016 lalu. “Sekarang seluruhnya kita kosongkan. Untuk pengisian selanjutnya, sedang kita ajukan sebanyak 45 orang. Tinggal menunggu SK bupati,” singkatnya. (sr5)
  • Komentar via G+
  • Komentar via Facebook
Item Reviewed: Penjaga Pintu Air Meradang, Honor Belum Dibayar Setahun Rating: 5 Reviewed By: Radar Pat Petulai