Wednesday, 8 March 2017

Pengelolaan Dana Desa 2017, Wajib Masukkan 4 Program Presiden


CURUP RPP – Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi RI (Kemendesa PDTT) mewajibkan seluruh desa untuk memasukkan empat program presiden dalam penggunaan dana desa (DD). Empat program itu mencakup Produk Unggulan Desa (Prudes) dan Produk Unggulan Kawasan Pedesaan (Prukades), Pembangunan Embung, Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) serta kewajiban pembuatan Sarana Olahraga Desa (Sorga Desa).

Kepala Dinas Sosial Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (Dinsos PMD) Kabupaten Rejang Lebong (RL), Drs. Darmansyah, MM mengatakan berdasarkan komitmen yang sudah disepakati antara kepala daerah dengan kemendesa PDTT, empat program ini harus dimasukkan ke dalam penggunaan DD tahun 2017.
“Berkaitan dengan hal ini, kita akan segera mengirimkan surat edaran ke seluruh desa mengingat saat ini desa-desa sedang membuat APBDes. Jika dalam APBDes mereka nanti tidak ada 4 program ini maka terpaksa APBDes akan dikembalikan untuk direvisi ulang," tegasnya.

Diungkapkannya, dari empat program ini, ada satu yang butuh perhatian serius. Yakni soal pembentukan BUMDes. Pasalnya hingga saat ini, masih banyak desa yang belum membentuk BUMDes. Data yang pihaknya himpun, dari 122 desa yang ada di RL, baru 17 desa yang membentuk BUMDes, selebihnya belum. "Untuk Bumdes ini gambarannya sangat luas, kerena mereka nantinya bisa mendapatkan kucuran dana melalui Bank mengingat kementerian-kementerian dan BUMN telah melaksanakan MoU sehingga bagi desa-desa yang memerlukan peralatan pertanian, peternakan dan lainnya bisa mengajukan ke kementerian bersangkutan," tutupnya. (ben)
  • Komentar via G+
  • Komentar via Facebook
Item Reviewed: Pengelolaan Dana Desa 2017, Wajib Masukkan 4 Program Presiden Rating: 5 Reviewed By: Radar Pat Petulai