Sunday, 5 March 2017

Pengelola Suban Perketat Penjagaan

INDAH. Papan Nama Suban Air Panas ini menambah indah onjek wisata andalan Kabupaten RL ini. Pihak pengelolapun meningkatkan keamanan pasca ada pengunjungna yang dirampok pada malam hari. Foto : Bambang Triyono

CURUP RPP – Kasus perampokan yang dialami dua pemuda Kelurahan Karang Anyar, Riki Rinaldo (20) dan Olan Suzarot (21) saat mandi di kawasan suban air panas berada di luar kendali pihak pengelola. Pasalnya kedua korban masuk ke lokasi pada tengah malam, saat kawasan itu sedang ditutup untuk umum. Hal ini ditegaskan Kordinator Lapangan Pengawasan Suban Air Panas, Gunawan alias Wen, kemarin.
“Objek wisata Suban Air Panas dibuka pukul 06.00 WIB sampai 18.00 WIB. Di luar dari itu memang kawasan ditutup. Makanya kejadian yang dialami kedua korban berada di luar kendali kami selaku pengelola,” tegasnya.

Atas kejadian ini, pihaknya benar-benar merasa kecolongan. Sebab sejak Objek Suban Air Panas dibuka tahun 1963 lalu, baru kali ini terjadi aksi kejahatan seperti ini. Meskipun kejadiannya di luar kontrol pihak pengelola, namun menurut dia tetap berimbas pada jumlah pengunjung.

“Setelah kami dalami ternyata, sebelumnya di tempat pesta korban memang sudah ada masalah. Setelah itu korban mandi ke suban dan dibuntuti pelaku. Karena mereka datang bukan pada waktu resminya, maka kejadian ini tidak terpantau oleh pengelola. Jadi kejadian ini tidak ada hubungannya dengan kondisi keamanan di Suban. Saat jam buka yang resmi, kami jamin Suban aman dari aksi kejahatan," ujarnya.

Guna mencegah kejadian serupa, pihaknya sudah memperketat pengamanan dengan mengerahkan 20 orang untuk melakukan penjagaan selama 24 jam. "Kalau masuk sesuai prosedur, jelas kami tahu dan kami akan menjaga. Tetapi dalam kejadian ini korban sepertinya memang memanfaatkan kesempatan saat suban sedang tidak dijaga," tandasnya.

Sementara itu, Kapolres Rejang Lebong AKBP Napitupulu Yogi Yusuf, SH, SIK melalui Kapolsek Curup Iptu Sukardi, SH didampingi Kanit Reskrim Ipda M. Zuhdi mengaku sudah melakukan pemeriksaan terhadap sejumlah saksi. “Namun untuk mengungkapkan identitas pelaku pihaknya masih kesulitan. Sebab para saksi tidak ada yang kenal. Tapi kuat dugaan pelaku memang sudah membuntuti korban sejak dari lokasi pesta," singkatnya. (wsa)
  • Komentar via G+
  • Komentar via Facebook
Item Reviewed: Pengelola Suban Perketat Penjagaan Rating: 5 Reviewed By: Radar Pat Petulai