Thursday, 2 March 2017

Operasi Katarak Gratis, Datangkan Menteri PP dan PA


CURUP RPP - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Rejang Lebong (RL) bekerjasama dengan organisasi Perempuan Peduli Pembangunan Daerah (P3D) akan mengadakan operasi katarak gratis untuk masyarakat RL dan sekitarnya. Menurut Asisten III Bidang Administrasi Umum dan Keuangan Setdakab RL, Upik Zumratulaini M.Si, minimal ada 200 orang yang akan dioperasi.

Namun sebelum dioperasi, tim dokter akan memeriksa terlebih dahulu, guna memastikan apakah orang tersebut benar-benar katarak atau tidak. Sampai saat ini sudah ada 67 orang pendaftar dari Kabupaten Kepahiang dan 81 orang dari Kabupaten RL. "Jadi ini bisa dari kabupaten tetangga juga. Termasuk yang RL ini baru data dari 6 puskesmas, sedangkan kita ada 21 puskesmas, pasti nanti akan bertambah lagi jumlahnya," kata Upik dalam rapat inventarisasi bersama di ruang rapat Sekkab, kemarin.

Sementara Wakil Bupati RL, H Iqbal Bastari S.Pd MM yang membuka kegiatan tersebut mengatakan, kegiatan yang bakal menghadirkan Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Yohana Susana Yembise ini harus benar-benar dipersiapkan dengan baik dan maksimal. Selain itu, peserta di Kabupaten RL harus lebih banyak dari kabupaten lainnya.

Dengan adanya kegiatan itu, diharapkan penderita katarak yang mayoritas warga kurang mampu ini bisa tertolong. Karena selama ini mereka tidak berobat karena terkendala biaya. Bahkan ia berharap kegiatan seperti ini akan diselenggarakan rutin 6 bulan sekali, sehingga bisa menekan jumlah penderitanya. "Silakan panitia benar-benar melakukan inventarisir, jangan sampai ada yang tertinggal. Untuk talk show bersama ibu menteri itu juga harus benar-benar disiapkan, sehingga hasilnya juga maksimal. Karena kegiatan seperti ini merupakan kegiatan yang mulia, sehingga akan lebih baik juga dilakukan secara rutin," pungkas Wabup.

Rencananya, kegiatan operasi katarak gratis ini akan dilaksanakan pada 4 hingga 6 Mei 2017 mendatang di RSUD Curup. Sementara Talk Show akan dilakukan di Kantor Bupati RL. (yon)
  • Komentar via G+
  • Komentar via Facebook
Item Reviewed: Operasi Katarak Gratis, Datangkan Menteri PP dan PA Rating: 5 Reviewed By: Radar Pat Petulai