Friday, 3 March 2017

Mendengar Curhatan Perempuan Mantan Pengguna Narkoba

CURHAT: De ketika mengisahkan masa kelamnya sebagai pengguna narkoba kepada wartawan kemarin. Foto: Buyono Radar Pat Petulai

Ingatan Berkurang, Lupa dengan Keluarga


PENYALAHGUNAAN narkoba di Indonesia sudah sangat memprihatinkan. Tapi di balik itu semua, ternyata masih banyak pengguna narkoba yang menyesal dan tengah berjuang keras untuk meninggalkannya. Bagaimana curhatan mereka? Berikut liputannya.

BUYONO, Curup

Dari puluhan pasien rehabilitasi di Karunia Insani House, beberapa diantaranya mengaku menyesal pernah terjerumus ke lembah hitam penyalahgunan narkoba. Seperti diceritakan De (20). Dara cantik asal Kecamatan Curup ini mengaku lebih dari 1 tahun menggunakan narkoba jenis ineks.

Ia menggunakan ineks berawal dari bujukan kawan-kawannya yang juga menggunakannya saat mengunjungi tempat hiburan malam di Kota Curup. Memang awalnya bisa merasa fly, tidak ingat dengan masalah yang ada dan merasa dirinya paling bahagia. Tapi setelah beberapa lama menggunakannya, De mulai merasakan dampak negatif menggunakan zat berbahaya ini. Yakni mulai berkurangnya daya ingat.
"Kurang ingatannya bang, itu yang sangat sayo rasokan sekarang. Makonyo aku bertekad idak lagi nak makai itu. Semenjak rehab di sini duo bulan lalu idak lagi aku nggunokan itu. Aku sarankan untuk yang belum pernah makai narkoba, janganlah ikut-ikutan makai. Idakkan ado positifnyo, yang ado rugi tulah," celotehnya kepada wartawan koran ini.

Penyesalan juga disampaikan Re. Ibu satu anak asal Kepahiang yang ditangkap oleh anggota Polres Lebong pada 20 Desember 2016 lalu di sebuah kos-kosan di Lebong. Saat itu dirinya ditangkap karena menjadi pengguna sabu-sabu dan kini masih sebagai tahanan di Polres Lebong namun menjalani rehabilitasi di Karunia Insani House, RL.

Selama menjalani rehabilitasi, ia merasa lebih berarti, lebih dihargai dan juga ingat dengan keluarga. Jika masih menjadi pemandu lagu pada sebuah cafe di Lebong dulu, ia rutin menggunakan sabu-sabu dan tidak ingat atau kurang peduli dengan keluarga dan anaknya. Sehingga orang disekitarnya pun juga kurang mempercayainya sebagai seorang pribadi yang baik.
"Di sini kami benar-benar diajarkan menjadi orang yang baik. Di sini saya salat tidak pernah tinggal, selalu ingat dengan anak dan keluarga. Kalau dulu jangankan keluarga mau dekat, orang mau percaya. Semuanya menganggap kita ini orang yang salah, mereka tidak percaya dengan kita. Makanya saya bersyukur ketika masuk sini, benar-benar terbantu dan berusaha keras untuk memperbaiki diri," katanya.

Di lokasi rehab ini, para mantan pecandu mendapatkan pembinan jasmani dan rohani. Mereka diajarkan pendidikan agama, pemahaman tantang bahaya narkoba dan juga kreativitas agar setelah direhab memiliki keahlian. (**)
  • Komentar via G+
  • Komentar via Facebook
Item Reviewed: Mendengar Curhatan Perempuan Mantan Pengguna Narkoba Rating: 5 Reviewed By: Radar Pat Petulai