Wednesday, 8 March 2017

Lebong Direndam Banjir


LEBONG UTARA RPP - Hujan deras yang terjadi sejak Senin (6/3) siang hingga Selasa (7/3) subuh, mengakibatkan 4 aliran sungai meluap hingga ke pemukiman warga. Sungai yang meluap tersebut yakni Air Ketahun, Air Uram, Bioa Kotok dan Air Amen.

Dampak dari luapan air tersebut, mengakibatkan rumah warga di Desa Lebong Donok dan Kelurahan Pasar Muara Aman Kecamatan Lebong Utara terendam hingga 30 Cm - 1 Meter. Desa lainnya yang juga terendam air yakni Desa Lemeu Kecamatan Uram Jaya.

Meluapnya air sungai juga mengakibatkan beberapa titik lahan pertanian warga terancam gagal panen, akibat terendam lumpur dan pasir. Selain banjir, secara bersamaan di ruas jalan utama Lebong - Curup tepatnya di Kelurahan Tes Kecamatan Lebong Selatan tertimbun material longsor. "Di Desa Lebong Donok, air mulai naik ke pemukiman warga Selasa (7/3) sekitar pukul 01.00 WIB. Luapan air ini semakin tinggi hingga meluas ke wilayah Pasar Melintang di Kelurahan Pasar Muara Aman. Air baru surut sekitar Pukul 11.00 WIB hari Selasa. Banjir yang terjadi kali ini bisa dikatakan cukup parah, karena sebelumnya belum pernah ketinggian air mencapai 1 meter," ujar warga Dery.

Di sisi lain, Bupati Lebong, H. Rosjonsyah, SIP, M.Si bersama jajaran Pemkab Lebong, BPBD, Dinas Sosial, Dinas Kesehatan, TNI, Polri dan unsur terkait lainnya sekitar pukul 07.00 WIB melakukan pemantauan dan menyisir sejumlah lokasi yang kondisinya masih tergenang banjir. Bahkan, tindakan darurat dari jajaran Pemkab Lebong di lokasi yang parah digenangi banjir telah disiagakan dapur umum serta pos pelayanan kesehatan (Poskes). BPBD sendiri langsung menurukan perahu karet dan tim evakuasi ke lokasi banjir terparah yakni di Desa Lebong Donok dan Pasar Melintang Kelurahan Pasar Muara Aman. "Selain itu, kita juga sudah memberikan bantuan berupa sembako, khususnya di wilayah terparah," kata Kepala BPBD Lebong, Samsul Bahri.

Terpisah, Kapolres Lebong, AKBP Zainul Arifin,SE.MH melalui Pelaksana harian (Plh) Kapolsek Lebong Selatan, Ipda HP Tampubolon STK mengungkapkan, selain terjadi banjir, jalan lintas Lebong - Curup tepatnya di Kelurahan Tes, Lebong Selatan sempat tertimbun tanah akibat longsor, sehingga menggangu aktivitas lalu lintas, namuan kondisi tersebut bisa cepat ditanggulangi.  Hanya saja, potensi kembali terjadi longsor masih sangat besar. "Personil Polres bersama anggota TNI, camat dan masyarakat setempat sudah melakukan pembersihan material longsor yang menutupi badan jalan. Saat ini, aktivitas lalu lintas sudah normal kembali, namun tetap waspada jika intensitas hujan kembali berlangsung lama dan deras, tidak menutup kemungkinan terjadi longsor susulan," kata Kapolres (kif)
  • Komentar via G+
  • Komentar via Facebook
Item Reviewed: Lebong Direndam Banjir Rating: 5 Reviewed By: Radar Pat Petulai