Wednesday, 1 March 2017

Kotak Amal Masjid Agung Dibobol Maling

Pelaku Terekam CCTV

Kotak Amal Masjid Agung Baitul Makmur dibobol Maling.

CURUP RPP – Musim paceklik membuat pelaku pencurian semakin nekat. Mereka tidak lagi memandang tempat untuk beraksi. Demi mendapatkan uang, kotak amal masjid pun dibobol. Seperti terjadi pada kotak amal Masjid Agung Baitul Makmur. Aksi pencurian terjadi Senin (27/2) sekira pukul 10.20 WIB.

Namun menurut keterangan Bilal Masjid Agung, Yuli Wahyudi (30) ketika ditemui dirumahnya kemarin, pencurian ini baru diketahui setelah salat Zuhur. Saat itu ada salah seorang pengurus masjid menemui satpam masjid minta izin untuk melihat rekaman CCTV. Sebab kotak amal masjid rusak dan uang didalamnya sudah hilang.

Setelah dilakukan pengecekan, dari rekaman CCTV terlihat pelaku seorang pria dengan tubuh tinggi besar, bermuka lebar, memakai celana pendek dan baju berwarna biru. Pelaku juga terlihat mengenakan kain sarung yang diselempangkan di bahu. Diduga ini hanya modus untuk mengelabui orang-orang sehingga disangka hendak menunaikan salat Duha. Ia naik ke tangga depan dan berjalan ke arah pintu besar tempat ibu-ibu masuk masjid.

Di dalam masjid, pelaku langsung mencongkel menggunakan paku yang disiapkan untuk memasukkan uang. Saat itu pelaku berhasil mendapatkan selembar uang. Tak puas, pelaku lantas mengeluarkan linggis kecil yang diselipkan dicelananya dan berusaha merusak kunci gembok kotak amal. Namun upaya itu lagi-lagi tidak berhasil.

Pelaku kemudian keluar masjid dan mengambil linggis panjang berukuran 60 cm  yang ujungnya bengkok di dalam mobil yang terparkir di teras depan. Mobil itu jenis minibus warna putih dengan tanduk depan hitam dan terdapat variasi warna kuning di pintu.

Linggis lalu diselipkan di balik kain sarung dan pelaku kembali masuk ke dalam masjid. Upaya bongkar paksa yang dilakukan pelaku akhirnya berhasil. Seluruh uang di dalam kotak amal dimasukkan ke dalam kantong plastik yang sudah disediakan lalu pelaku bergegas ke mobil dan kabur meninggalkan masjid. "Dalam sebulan ini sudah tiga kali kejadian. Pertama dua motor jemaah kuncinya dirusak dan motor hidup, untunglah jemaah keluar. Aksi kedua, dua aki mobil dumdtruck hilang saat diparkirkan," ungkap Yuli. (wsa)
  • Komentar via G+
  • Komentar via Facebook
Item Reviewed: Kotak Amal Masjid Agung Dibobol Maling Rating: 5 Reviewed By: Radar Pat Petulai