Friday, 10 March 2017

Kejam, Ibu Injak Anak Sendiri

KEJAM: Inilah foto yang menghebohkan warga Curup kemarin. Tampak pelaku sedang menginjak dada anaknya. Foto: facebook.
CURUP RPP – Warga Kota Curup pagi kemarin (9/3) dihebohkan beredarnya tiga buah foto seorang ibu yang menginjak-injak anak kandungnya sendiri. Foto tersebut diunggah akun facebook bernama Rindi Saputra Imran ke grup Curup Kota Idaman.

Pada foto yang diunggah terlihat seorang ibu mengenakan baju kaos warna biru sedang menginjak dada seorang anak yang memakai baju berwarna putih dengan kedua kakinya. Menurut akun Rindi Saputra Imran lokasi kejadian berada di samping Perpusatakaan Daerah (Pusda) Rejang Lebong (RL),
Selain mengunggah foto, akun tersebut juga menuliskan caption, "Ass... Lapor, untuk badan pemerinthan khususny di kabupaten rejang lebong yg menangani org seperti ini mohon di tindak segera. pagi ini saya tidak sengaja mendengar suara tangisan anak kecil lagi nangis, setelah saya lihat ternyata ibu ini sedang menginjak2 dadanya. Saya merasa kasian kpada anaknya lalu saya tegur ibu itu, malah dia marah2..".

Tak lama setelah beredarnya foto tersebut, wartawan koran ini bersama Edi, petugas dari Dinas Sosial Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (Dinsos PMD) RL menuju lokasi. Namun saat tiba di lokasi, ibu dan anak tersebut sudah tidak ada lagi.

Dari perbincangan yang dilakukan wartawan koran ini dengan salah seorang staf di Pusda RL bernama Darsunawati, dikatakan jika pelaku sudah dibawa oleh polisi bersama TKSK bernama Sutrima ke Polres RL. Menurut Darsunawati, anak yang diinjak merupakan anak kandung dari pelaku itu sendiri. "Memang sudah beberapa hari ini mereka sekeluarga berdiam di samping kantor Pusda, namun saat jam kantor mereka biasanya tidak ada,” ungkap Darsunawati.

Lebih jauh ia mengungkapkan, sebelum kejadian korban diketahui buang air kecil di samping kantor pusda. Namun entah kenapa ibunya tiba-tiba mengamuk dan menginjak korban dengan kedua kakinya hingga korban menangis histeris. Kejadian ini menurut dia juga sempat membuat karyawan dan karyawati BRI Cabang Curup heboh. Termasuk staf dan jajaran Pusda RL.

Diduga Stres


PASCA kejadian, ibu yang menginjak anak sendiri ini langsung diamankan di Polres RL. Hasil pemeriksaan diketahui jika pelaku berinisial Su (30) sementara anaknya yang diinjak berinisial Satria (4). Pengakuan pelaku, ia marah hingga menginjak dada anaknya sendiri karena kesal Sa sering menganggu adiknya Mu yang baru berusia 1 tahun hingga menangis.

Pelaku saat diamankan.
Dokpol Polres RL, Bripda Yusmintarsih, Amd. Kep kepada wartawan mengungkapkan hasil pemeriksaan, korban dalam kondisi sehat. Akibat injakan yang dilakukan ibunya, korban hanya demam saja, tidak mengalami luka-luka yang berarti. Tapi ia menduga selama ini korban sudah sering mendapat perlakukan kasar dari ibunya. Ini terlihat dari adanya bekas luka di telinga, kepala dan juga di beberapa bagian tubuhnya yang lain. "Meskipun fisiknya sehat, namun secara kejiwaan korban mengalami trauma berat akibat sering mendapat pukulan dari ibunya. Ini terlihat dari kondisi korban yang susah diajak bicara. Tapi kalau dilihat dari tubuh tampaknya korban sudah kebal dianiaya ibunya," ungkap Yusmintarsih.

Sementara petugas TKSK, Sutrima mengisahkan, begitu dirinya diberitahu ada seorang ibu yang menginjak-injak anaknya di dekat pagar perpusda. Ia langsung berangkat untuk mengecek. Namun setibanya ia di lokasi, ternyata pelaku sudah tidak ada lagi. Ia kemudian mencari ternyata pelaku dan kedua anaknya berada di belakang GOR. Ia pun langsung membawa mereka ke polres.

Menariknya, menurut pengakuan Sutrima, ternyata aksi penganiayaan yang dilakukan pelaku bukanlah yang pertama. "Dulu, ibu ini juga pernah ketahuan menganiaya korban saat mengandung anak keduanya. Setelah itu saya antarkan kerumahnya, di Kecamatan Curup Utara di areal kebun kopi. Suaminya mengemis di pasar atas. Kini ternyata aksinya kembali terulang," sesal Sutrimah.

Terpisah, Kasi Pemulihan Anak DP3A PPKB, Rofiah, SKM mengungkapkan, jika tidak ada keluarganya, maka pelaku akan dibawa ke RSJKO untuk mendapat perawatan. Sedangkan kedua anaknya anak dititipkan di Panti Asuhan. Saat ini ia tengah mengembalikan kepercayaan diri korban usai mendapat perlakuan kasar dari ibunya. (ben/wsa)
  • Komentar via G+
  • Komentar via Facebook
Item Reviewed: Kejam, Ibu Injak Anak Sendiri Rating: 5 Reviewed By: Radar Pat Petulai