Monday, 6 March 2017

Kapolres: Pungutan Komite Itu Pungli


CURUP TIMUR RPP - Kapolres Rejang Lebong (RL) AKBP Napitupulu Yogi Yusuf SH SIK memberikan pernyataan tegas. Menurutnya, pungutan yang dilakukan oleh komite sekolah dimanapun itu termasuk pungutan liar (Pungli).  Hal tersebut disampaikannya saat coffee morning antara PGRI, Polres RL, PWI dan juga dihadiri Wabup RL, H Iqbal Bastari S.Pd MM di SMAN 2 RL, Sabtu (4/3).

Kapolres menjelaskan, yang dinamakan dengan pungutan itu jika komite menentukan jumlah uang yang harus dibayarkan setiap wali murid dan ditentukan pula kapan waktu pengumpulannya. "Kalau misalnya sekolah butuh bangunan pagar, komite harus inovatif cari dana keluar. Apalagi kalau misalnya beritahukan kepada orang tua siswa biaya pembuatan pagar Rp 8 juta, padahal yang sebenarnya hanya habis Rp 6 juta, Rp 2 jutanya untuk kas komite dan lain-lain, itu pungli juga. Kalau ada yang seperti itu laporkan ke Polres nanti kita tindak lanjuti," ungkap Kapolres.

Menurutnya, hal yang demikian itu tidak diatur dalam Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional (Sisdiknas). Tetapi, yang diperbolehkan dan tidak dikatakan Pungli adalah sumbangan sukarela, tidak ditentukan jumlah dan kapan batasan pengumpulan sumbangan. "Jika komite butuh uang untuk membangun, harus itu riil bukan diada-adakan. Siapa yang mau menyumbang, tidak ada paksaan, itu baru boleh," paparnya.

Pungli ini menurutnya bukan karena besar kecilnya uang yang dipungut, akan tetapi lebih pada pembenahan mental pungli yang selama ini sudah melekat.

Selain itu, Kapolres juga memberikan arahan terkait dengan mendisiplinkan anak didik di sekolah. Menurutnya, guru tidak perlu khawatir bahwa hukuman kepada siswa-siswi itu bisa dikatakan sebagai kekerasan. Jika hukuman yang diberikan sebatas kewajaran untuk mendisiplinkan anak boleh-boleh saja. Akan tetapi jika sudah berlebihan hingga timbul sebuah penganiayaan baru dikatakan sebagai kekerasan. Misalnya hukuman yang diberikan menyebabkan memar atau berdarah-darah.(yon)
  • Komentar via G+
  • Komentar via Facebook
Item Reviewed: Kapolres: Pungutan Komite Itu Pungli Rating: 5 Reviewed By: Radar Pat Petulai