Wednesday, 1 March 2017

Kantor Wajib Sediakan Racun Api

CURUP RPP – Setiap kantor baik itu perusahaan swasta maupun instansi pemerintah wajib menyediakan racun api atau alat pemadam kebakaran ringan.  Kepala Dinas Pemadam Kebakaran Kabupaten RL, Drs. Sumardi, M.Si mengatakan aturan ini tertuang dalam Perda Manajemen Pengendalian Kebakaran yang saat ini masih dalam penggodokan.

Alat pemadam kebakaran ringan ini harus memenuhi standar sesuai dengan Perda yang akan ditetapkan. Selain itu harus mendapat rekomendasi dari Dinas Pemadam Kebakaran Kabupaten RL. "Selain untuk keselamatan, dari rekomendasi ini kita juga bisa mengambil peluang untuk mendapatkan PAD," jelas Sumardi.

Penarikan PAD melalui rekomendasi alat pemadam kebakaran ini sudah diatur secara resmi. Diantaranya peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) Nomor 131 tahun 2000 tentang pedoman penanggulangan bencana dan pengungsi di daerah. Kemudian Peraturan Menteri Pekerjaan Umum (Permenpu) Nomor 11/KPTS/2000 tentang manajemen penanggulangan kebakaran di perkotaan.

Kemudian Permenpu Nomor 10/KPT/2000 tentang ketentuan teknis penanggulangan terhadap bahaya kebakaran gedung dan lingkungan serta Permenpu Nomor 24/PRT/M/2007 tentang pedoman penertiban izin pendirian bangunan. “Perda yang kita buat merupakan turunan dari peraturan-peraturan menteri tersebut sehingga dalam melaksanakannya kita memiliki dasar hukum yang kuat,” demikian Sumardi. (ben)
  • Komentar via G+
  • Komentar via Facebook
Item Reviewed: Kantor Wajib Sediakan Racun Api Rating: 5 Reviewed By: Radar Pat Petulai