Monday, 6 March 2017

Irigasi Jebol, Satu Rumah Nyaris Amblas


CURUP RPP – Sejumlah bencana mulai terjadi sebagai dampak dari cuaca buruk. Pertama jebolnya irigasi air duku di Kelurahan Dusun Curup Kecamatan Curup Utara. Lalu longsor di Desa Sindang Jaya Kecamatan Sindang Kelingi hingga menyebabkan rumah yang dihuni Sarjo (59) nyaris amblas.

Jebolnya irigasi air Duku sudah ditangani langsung oleh masyarakat RW 02 Kelurahan Dusun Curup Kecamatan Curup Utara. Ketua RW 2 Kelurahan Dusun Curup, Syaparudin mengatakan irigasi yang jebol sepanjang 15 meter. "Sudah ada dua hektare padi petani terendam banjir akibat jebolnya irigasi ini. Sebelum imbasnya semakin parah, kami lakukan perbaikan dengan alat seadanya dan menumpuk batu di pinggir irigasi yang jebol, serta mengisi tanah ke dalam karung dan dibungkus terpal," ujar Syaparudin.

Kondisi rumah Sarjo
Ketua Kelompok Pengairan Pertanian (KP2), Darul Hikmah berharap BPBD bisa melakukan perbaikan secara permanen. Sebab perbaikan yang dilakukan petani ini hanya penanggulangan sementara. Jika tidak, bisa mengancam keberadaan ratusan hektare sawah yang ada di sana.

Harapan yang sama disampaikan anggota DPRD RL, M. Arbi yang turut andil bersama warga melakukan bergotong royong. "Saya minta kepada dinas terkait untuk melakukan perbaikan sesegera mungkin, sebab apa yang dilakukan warga saat ini sifatnya sementara saja. Harus ditindaklanjuti pemerintah daerah," tegasnya.

Sementara itu, terkait longsor di Desa Sindang Jaya Kecamatan Sindang Kelingi sejauh ini masih dalam penanganan BPBD RL. Kepala BPBD RL, Basuki, S.Sos mengatakan pihaknya akan menurunkan tim teknis guna melakukan pengkajian di lokasi tersebut, termasuk juga kejadian longsor di daerah lain.

Sementara Kabid Pencegahan dan Kesiap Siagaan, Mutapa Lufi, S.Sos mengatakan pihaknya sudah mengimbau kepada pemilik rumah untuk mengungsi sementara. “Tebing yang longsor sepanjang 20 meter dan lebar 25 meter. Bagian dapur rumah milik Sarjo sudah amblas dan hanya menyisakan bagian utama rumah," kata Lutfi. (wsa/ben)
  • Komentar via G+
  • Komentar via Facebook
Item Reviewed: Irigasi Jebol, Satu Rumah Nyaris Amblas Rating: 5 Reviewed By: Radar Pat Petulai