Wednesday, 8 March 2017

Honor THL Tidak Bisa Dibayar

Ilustrasi
CURUP RPP - Para Tenaga Harian Lepas (THL) yang saat ini bertugas di beberapa Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD), sepertinya tidak bisa berharap banyak untuk mendapatkan pembayaran honor bulanannya sejak Januari hingga saat ini. Sebab, menurut Kepala Badan Kepegawaian dan Diklat (BKD) RL Khirdes Lapendo Pasju SSTP M.Si, honor mereka tidak bisa dibayarkan karena tak memiliki SK.

Mengingat, setelah masa kontrak THL habis pada 31 Desember 2016 lalu, Pemkab RL belum melakukan perekrutan TKS, sampai saat ini. Sedangkan, perekrutan TKS ini akan menggunakan mekanisme resmi melalui jalur tes, kecuali untuk beberapa bidang pekerjaan. Seperti petugas kebersihan, sopir, penjaga pintu air, penjaga kantor dan Satpol PP khusus di 7 kecamatan kawasan Lembak. "Mereka yang semestinya ikut tes lagi dan sekarang sudah bekerja sejak Januari itu sukarela, tidak bisa dibayarkan honornya. Karena SK mereka juga tidak ada, nanti yang TKS hasil tes baru ada SK-nya dan honornya bisa dibayarkan menggunakan dana APBD yang sudah dianggarkan disetiap SKPD," kata Khirdes.

Sementara itu, untuk proses perekrutan TKS itu sendiri menurutnya, sampai saat ini belum berjalan. Karena Perbup yang mengatur mengenai petunjuk pelaksanaan dan petunjuk teknisnya baru saja selesai. Saat ini BKD sedang fokus menyelesaikan SK Bupati tentang pengangkatan TKS yang non tes seperti dijelaskan diatas. "SK itu nanti dibuat tanggal mundur mulai Januari 2017, sehingga honor mereka bisa segera dibayarkan. Karena belum ada SK itu, makanya mereka itu sampai sekarang belum gajian, tapi mudah-mudahan dalam minggu ini sudah selesai," tukasnya.

Kemudian, Khirdes memperkirakan ada sekitar 1.250 orang TKS yang bakal direkrut oleh Pemkab RL, sudah termasuk TKS jalur tes dan non tes. Semuanya diberikan honor yang bersumber dari APBD RL tahun 2017 dengan besaran bervariasi mulai dari Rp 600 ribu per bulan hingga Rp 1 juta per bulan, tergantung kesiapan anggaran di setiap SKPD masing-masing. "Peserta tes nanti bisa saja ribuan orang, tapi yang akan kita ambil tentu tidak banyak. Secara keseluruhan baik yang melalui tes dan non tes kita membutuhkan TKS sebanyak 1.250 orang. Jadi kalau yang non tes itu cukup dengan rekomendasi atau persetujuan dari atasanya saja," pungkas Khirdes.(yon)
  • Komentar via G+
  • Komentar via Facebook
Item Reviewed: Honor THL Tidak Bisa Dibayar Rating: 5 Reviewed By: Radar Pat Petulai