Friday, 3 March 2017

Hidupkan Kembali Trayek Pasar Atas – Durian Depun

Ilustrasi
CURUP RPP – Guna mendukung pemindahan RSUD Curup ke Jalur Dua, Dinas Perhubungan RL bakal menghidupkan kembali trayek angkot Pasar Atas – Durian Depun. Kadishub RL, Ediyansori, MM melalui Kabid Lalulintas, Suryadi, S.Sos mengatakan hal ini dilakukan untuk memudahkan akses masyarakat dari dan menuju RSUD.

Diungkapkan Suryadi, dulu trayek ini pernah ada. Akan tetapi, seiring dengan semakin menjamurnya tukang ojek, keberadaan angkot-angkot ini semakin sulit dan berkurang. Karena jumlah penumpang yang mengarah ke sana semakin sedikit.
"Dulu memang ada trayek Pasar Atas - Durian Depun dan sekarangpun masih ada tapi jumlahnya sekarang berkurang. Sudah banyak yang punya kendaraan pribadi dan naik ojek, jadi angkot ini penumpangnya semakin sepi. Nanti kalau RSUD itu sudah difungsikan akan kita hidupkan kembali," ungkapnya.

Namun sebelum pemberlakuan trayek ini, pihaknya akan berkoordinasi terlebih dahulu dengan instansi terkait. Sehingga nantinya diharapkan penerapan trayek ini memberikan manfaat untuk masyarakat. "Intinya penerapan trayek itu sifatnya mengikuti alur saja, karena kalau penumpang ke arah sana sudah ada pasti angkot yang ke arah sana juga akan menarik penumpang ke sana," tandasnya.

Dinkes Dirikan RTK


Dinas Kesehatan (Dinkes) RL juga mempunyai program khusus terkait rencana pemindahan RSUD Curup ke jalur dua. Kadinkes RL, H. Asli Samin S.Kep, M.Kes melalui Kabid Kesehatan Masyarakat, Riduan, SKM mengatakan pihaknya akan mendirikan RTK (Rumah Tunggu Kelahiran) di dekat RSUD jalur dua. Tempat ini untuk menampung ibu-ibu yang akan melahirkan dan pasca melahirkan.

Launching pembentukan RTK ini sendiri sudah dilaksanakan di Palak Curup beberapa hari yang lalu dan sudah ada masyarakat yang menggunakan fasilitas ini. "Kita prioritaskan untuk mendirikan di RSUD jalur dua dahulu karena di sana memang sangat banyak ibu yang akan melahirkan yang membutuhkan fasilitas RTK," kata Riduan.

RTK yang akan berdiri di dekat RSUD ini nantinya bukan hanya untuk pasien yang akan melahirkan, namun juga bisa digunakan untuk pasien pasca melahirkan. "RTK ini sangat membantu bagi pasien yang jauh dari kediamannya, bahkan pasca melahirkan mereka masih tetap bisa menggunakannya sembari menunggu berobat jalan yang masih mereka jalankan," terang Riduan.

Selain dari itu, saat ini pihaknya juga sedang mempersiapkan pembantukan RTK baru di puskesmas perawatan seperti puskesmas Bangun Jaya, Sindang Dataran, Sindang Jati, Kota Padang dan PUT. (yon/ben)
  • Komentar via G+
  • Komentar via Facebook
Item Reviewed: Hidupkan Kembali Trayek Pasar Atas – Durian Depun Rating: 5 Reviewed By: Radar Pat Petulai