Monday, 6 March 2017

Harga Tomat Melonjak Tajam


CURUP RPP - Jika beberapa minggu sebelumnya harga tomat di tingkat petani sempat anjlok Rp 300 per Kilogram (Kg), namun sejak beberapa hari belakangan ini petani tomat bisa tersenyum lebar, pasalnya saat ini harga tomat di tingkat petani sudah mengalami lonjakan yang cukup tajam, hingga Rp 2.500 per Kg.

Seperti dikatakan salah seorang petani tomat, Jono (32) Warga Kelurahan Cawang Baru Kecamatan Selupu Rejang. Menurutnya, naiknya harga tomat ini karena besarnya permintaan terhadap tomat, namun pasokan tomat dari petani sangat kurang. Sehingga harga terus mengalami kenaikan yang cukup tinggi. "Hampir semua komoditi sayur mayur mengalami kenaikan, terutama untuk tomat yang Alhamdulillah naiknya sangat tinggi, sampai Rp 2.500 per Kg. Mudah-mudahan harga ini bertahan lama, sehingga petani bisa lega dan mendapatkan hasil yang lumayan. Karena dengan harga segitu, tentu seimbang dengan biaya perawatannya dan juga harga kebutuhan sehari-hari," ungkapnya.

Sayangnya, untuk meningkatkan produktivitas hasil bumi ini, petani masih kerap disulitkan dengan kelangkaan pupuk jenis ponska di pasaran. Belum lagi ditambah cuaca ekstrem yang kini masih terus melanda kawasan RL dan sekitarnya, juga cukup mengganggu produktivitas tanaman mereka. "Pupuk sulit, kalau lagi banyak ya banyak dan sekarang sedang sulit hilang sama sekali. Harapan kami pemerintah menangani serius terkait kelangkaan pupuk ini karena sudah sangat sering terjadi," harap Jono.(yon)
  • Komentar via G+
  • Komentar via Facebook
Item Reviewed: Harga Tomat Melonjak Tajam Rating: 5 Reviewed By: Radar Pat Petulai