Thursday, 9 March 2017

Hak Perempuan Masih Terabaikan

Hari Perempuan, ORASI dan pembagian bunga dilakukan oleh KPPSWD dalam memperingati hari perempuan internasional kemarin
CURUP RPP - Sekitar 20 orang anggota Komunitas Perempuan Penyelematan Situs Warisan Dunia (KPPSWD) menggelar aksi damai dengan turun langsung ke jalan. Mereka melakukan orasi di Bundaran Dwi Tunggal, membagikan bunga kepada para perempuan yang melintas, Rabu (8/3) sekira pukul 10.00 WIB.

Selanjutnya, mereka bergerak melakukan long march menuju ke Jalan Merdeka Pasar Tengah. Di sini, mereka juga melakukan orasi dan membagikan bunga kepada perempuan pengguna jalan. Menurut koordinator lapangan (Korlap) Eva Juniar Andika, aksi ini dilakukan guna memperingati Hari Perempuan Internasional Tahun 2017. Menurutnya, kegiatan ini dilaksanakan karena sebenarnya perempuan di Indonesia memiliki hak yang sama dengan laki-laki. Akan tetapi, sejauh ini hak perempuan masih banyak terabaikan. Sehingga masih banyak kegiatan di masyarakat yang tidak melibatkan perempuan, misalnya dalam kegiatan pengambilan keputusan pada sebuah rapat. "Masih banyak hak perempuan yang selama ini terabaikan. Misalnya, di desa-desa itu perempuan atau ibu-ibu tidak pernah diajak rapat, yang diundang hanya bapak-bapaknya saja," kata Eva.

Sementara itu, dari sisi kerusakan lingkungan yang kini sedang marak terjadi di Indonesia menurutnya perempuan paling merasakan dampaknya. Bahkan, apabila terjadi bencana alam, perempuan beresiko meninggal dunia 14 kali lebih besar dibandingkan laki-laki. Selain itu, saat terjadi kemarau, perempuan juga menjadi orang yang paling susah, karena harus mengurusi rumah tangga dan mayoritas membutuhkan air. "Idealnya, perempuan di Indonesia harus mendapatkan tempat dan haknya sebagai seorang perempuan. Setiap kegiatan, perempuan harus dilibatkan, karena perempuan memiliki hak untuk bersuara dan turut serta dalam pengambilan kebijakan," tandas mahasiswi Universitas Bengkulu ini.

Aksi damai ini berlangsung sekitar 90 menit dengan pengawalan ketat aparat kepolisian dari Sabara Polres RL. Dalam aksinya, komunitas ini juga melibatkan beberapa mahasiswi dari beberapa kampus di RL.(yon)
  • Komentar via G+
  • Komentar via Facebook
Item Reviewed: Hak Perempuan Masih Terabaikan Rating: 5 Reviewed By: Radar Pat Petulai