Friday, 3 March 2017

Ciptakan Wisata Nuansa Lokal


Beginilah puncak Gunung Kaba, masih asri dan sejuk.Foto: Dok. Radar Pat Petulai.
CURUP RPP - Kabupaten Rejang Lebong (RL) merupakan kawasan yang berpotensi menjadi kawasan kota wisata, karena banyak lokasi wisata yang bisa dikunjungi untuk berwisata. Namun untuk memanfaatkan lokasi ini menjadi lebih baik, mesti diciptakan wisata nuansa lokal yang mendukung lokasi wisata tersebut dikunjungi.

Contoh saja wisata Gunung Api Kaba. Selain pengunjung bisa menikmati panorama alam pegunungan, mestinya Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) atau masyarakat lokal juga menyediakan nuansa lokal, seperti mengadakan atraksi budaya lokal, pembuatan kerajinan lokal, pembuatan masakan lokal, dan lainnya yang dikemas dalam satu paket yang bisa dipilih sesuai keinginan wisatawan.

Kepala Dinas Pariwisata RL, Henny Kurniaty SE MM mengatakan, memang penciptaan wisata nuansa lokal ini belum ada di RL. Kalau di daerah lain sudah ada, sehingga pengunjung merasa terkesan berwisata. "Jadi pengunjung tidak hanya menikmati wisata alam, tetapi juga bisa melihat kearipan lokal dengan melihat langsung budaya dan adat lokalnya," terang Henny.

Dalam adanya penerapan wisata nuansa lokal ini, maka wisatawan yang selama ini hanya berkunjung sehari, bisa sampai berhari-hari di lokasi wisata, karena merasa menjadi masyarakat lokal.
Masih dikatakan Henny, Dalam penyediaan sarana penginapan pun tidak perlu hotel atau tempat mewah lainnya. Tetapi bisa dengan menginap di rumah-rumah penduduk dengan jaminan kenyamanan dan keamanan. Sehingga ada kesan tersendiri bagi pengunjung untuk datang kembali ke lokasi wisata di sini. "Jika begini, maka masyarakat lokal juga bisa merasakan dampaknya, karena mereka juga akan mendapatkan pemasukan dari para pengunjung ini," ujar Henny. (ben)
  • Komentar via G+
  • Komentar via Facebook
Item Reviewed: Ciptakan Wisata Nuansa Lokal Rating: 5 Reviewed By: Radar Pat Petulai