Thursday, 2 March 2017

Balita dari Keluarga Kurang Mampu Ini Butuh Bantuan

Beginilah kondisi Gilang, bocah dari keluarga kurang mampu.
KEPAHIANG RPP - Malang menimpa bayi berusia 3 bulan, Gilang warga Desa Lubuk penyamun. Dia butuh bantuan, lantaran kondisi kesehatan Gilang yang menderita penyakit alergi dan mengakibatkan gatal-gatal di bagian kepala, kuping, muka, selangkangan serta sekitar kemaluannya.

Penyakit gatal yang menjelma luka merayap ke sebagian tubuh Gilang. Kondisi orang tuanya yang tidak mampu secara ekonomi, memerlukan bantuan agar bisa mengobati anaknya secara medis.
"Untuk berobat ke dokter saya tidak punya uang. Oleh sebab itu, sayapun mengobati anak saya secara alternatif di Desa Durian Depun (Bakmoi)," kata Sinta (19), ibu Gilang.

Namun, bukanya sembuh, tapi penyakit Gilang semakin parah. Selain tidak memiliki uang yang cukup, Sinta pun belum memiliki KTP, KK, akte kelahiran.
"Saya belum mengurus KTP, KK dan Akte kelahiran. Siapa yang mau mengurusnya, karena suami saya sudah meninggalkan kami (minggat,red)," ujar Sinta.

Di sisi lain, Kepala Desa Lubuk Penyamun Heriyadi mengatakan, Sinta saat ini tinggal bersama keluarganya. Sementara status data Sinta masih masuk pada KK orang tuanya.
"Sinta ini memang warga Desa Lubuk Penyamun, tapi dia belum mengurus KK, KTP atau administrasi lainnya. Padahal kami sudah berulang-ulang melakukan sosialisasi, karena data yang tertera di KK atau KTP sangat penting untuk mengurus keperluan lainnya," terang Heriyadi.

Sebagai contoh, menurut Heriyadi, NIK merupakan pedoman dan salah satu syarat untuk mengurus administrasi lainya. "Bagaimana mau memperoleh BPJS atau KIS, Sinta saat ini belum mengurus data untuk KK, KTP maupun akte kelahiran. Padahal itu syarat yang harus diperoleh untuk mengurus administrasi tersebut," imbuh Kades.

Agar beban Sinta terasa ringan, hari ini gabungan Wartawan Kepahiang akan mengalang dana guna membantu biaya pengobatan Gilang, sembari membantu pengurusan administrasi Sinta, dimulai dari pihak desa hingga kecamatan.(ton)
  • Komentar via G+
  • Komentar via Facebook
Item Reviewed: Balita dari Keluarga Kurang Mampu Ini Butuh Bantuan Rating: 5 Reviewed By: Radar Pat Petulai