Wednesday, 22 February 2017

Waspada! Lagi Marak Maling Berkedok Pembeli

Pemilik warung menunjukkan daftar dan kantong kresek yang berisi pesanan pencuri.
CURUP TIMUR RPP - Seminggu belakangan ini banyak pemilik warung menjadi sasaran pencurian. Pelaku seorang perempuan berpura-pura belanja di warung dengan jumlah banyak. Saat korban menyiapkan pesanan, pelaku kemudian melancarkan aksinya dengan memasukkan sebagian belanjaan ke dalam tas.

Seperti dialami Saitul Kamil (42) warga Dusun 1 Desa Duku Ilir Kecamatan Curup Timur, Sabtu (18/2) sekira pukul 11.50 WIB. Akibatnya rokok Surya 16 sebanyak 3 bungkus, rokok Topas 3 bungkus dan rokok Jarum 3 bungkus dibawa kabur pelaku.

Menurut keterangan Saitul, saat itu warung miliknya kedatangan pembeli. Mulanya, pelaku yang seorang perempuan berrambut pendek, sedikit langsing, kisaran usia 33 tahun menggunakan baju putih kotak-kotak hitam, celana cokelat menyandang tas warna hijau mengaku dari Kesambe Lama sedang membantu adiknya mengurusi akte kelahiran di salah satu bidan di desanya. Saat itu pelaku langsung bertanya beras, lalu dijawab bahwa beras sedang kosong. Kemudian pelaku mengambil minuman gelas. Melihat hal itu Saitul kemudian bergegas mendekati pelaku.

Setelah itu pelaku mengatakan ingin membeli rokok Surya 3 bungkus, Topas 3 bungkus, kopi 3 bungkus, telur 6 butir, gula 1 Kg, Tepung 1 Kg, Baigon 1 kotak, kerupuk 1 bungkus, minyak sayur 1 Kg, sabun cuci 1 bungkus, garam 1 bungkus,, sasa 1 bungkus dan kelapa satu. Sedangkan pesanan lainnya untuk adik pelaku berupa rokok Jarum 3 bungkus, mie goreng 5 bungkus, gula 1/2 Kg, minyak sayur 1 Kg, baigon 1 kotak dan jajanan yang notanya minta dipisahkan.

Saat ia menyiapkan pesanana ke atas meja satu persatu. Pelaku kemudian berupaya membantu memasukkan barang belanjaan tersebut ke dalam kantong plastik. Sedangkan korban sendiri sibuk menghitung barang belanjaan. Pelaku secara diam-diam memasukkan 3 bungkus rokok Surya, 3 bungkus rokok Topas dan tiga bungkus rokok Jarum ke dalam tasnya. Setelah barang belanjaan tersebut dimasukkan ke dalam kantong plastik. Kemudian ada warga lain yang berbelanja. Saat itulah, pelaku mengaku hendak membeli beras dan menitipkan barang belanjaan yang dipesan. Tetapi pelaku tak kunjung mengambil barang belanjaan yang dipesan hingga larut sore. Iapun baru menyadari, sebanyak 9 rokok tidak ada dikantong plastik tersebut. Setelah dicek rekaman CCTV di warungnya, ternyata benar dan terlihat jelas jika pelaku sudah mencuri 9 bungkung rokok. Akibat aksi pelaku setidaknya ia mengalami kerugian mencapai Rp 135.000. "Saya belum melapor ke Polres Rejang Lebong, saya dengar kejadian ini sudah sering terjadi dalam seminggu terakhir ini. Tempatnyapun berpindah-pindah, kuat dugaan pelakunya sama, sebab modusnya sama," ujar  Saitul.(wsa)
  • Komentar via G+
  • Komentar via Facebook
Item Reviewed: Waspada! Lagi Marak Maling Berkedok Pembeli Rating: 5 Reviewed By: Radar Pat Petulai