Friday, 24 February 2017

Warga RL Berisiko Tinggi Terserang Jantung

Wabup RL, H. Iqbal Bastari turut berpartisipasi melakukan pengecekan kesehatan. Foto: Beni Radar Pat Petulai.
CURUP RPP - Tim dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI mengunjungi Kabupaten Rejang Lebong (RL) dalam rangka melakukan survei terhadap penyakit tidak menular, berupa penyakit jantung dan pembuluh darah. Sebab, warga RL sangat beresiko terserang kedua penyakit tersebut.
Tercatat, di tahun 2016 lalu terdapat 95 orang penderita dan 7 orang di antaranya meninggal dunia, akibat penyakit jantung.

Deteksi dini terhadap resiko penyakit jantung dan pembuluh darah, dilakukan di Kelurahan Dwi Tunggal dan Kantor Camat Curup Tengah, dengan jumlah sampel sebanyak 400 orang. Kegiatan tersebut mendapat dukungan Wabup RL H Iqbal Bastari S.Pd MM, dimana pada saat itu dia turut memeriksakan kesehatan terhadap dua penyakit tersebut.

Kepala Dinas Kesehatan RL, H Asli Samin SKM M.Kes mengatakan, warga RL sangat beresiko terkena penyakit jantung dan pembuluh darah, karena tingginya konsumsi karbohidrat. Sedangkan, konsumsi buah-buahan dan sayuran cukup rendah. "Inilah pemicu terjadinya penyakit jantung dan pembuluh darah. Makanya, Kemenkes melakukan deteksi ke wilayah RL, untuk mengetahui seberapa besar resikonya, dengan cara mengambil sampel sampel masyarakat," Kata Asli Samin.

Sampel yang diambil yaitu warga RL berusia 18 tahun ke atas, dengan berbagai pemeriksanaan yang sudah disediakan pihak Kemenkes RI. Mulai dari tekanan darah, tinggi badan, berat badan, pemeriksanaan kolestrol, LDL, HDL, serta dilanjutkan dengan pemeriksanaan EKG.

Jika nantinya terbukti, penyakit jantung dan pembuluh darah beresiko tinggi terhadap warga RL, maka selanjutnya akan ada perhatian khusus dari Kemenkes RI terhadap kedua penyakit tersebut di RL ini dan Dinas Kesehatan RL sendiri tidak akan tinggal diam, bakal melakukan berbagai upaya guna mengurangi risiko terhadap kedua penyakit tersebut.(ben)
  • Komentar via G+
  • Komentar via Facebook
Item Reviewed: Warga RL Berisiko Tinggi Terserang Jantung Rating: 5 Reviewed By: Radar Pat Petulai