Friday, 24 February 2017

TPU Talang Rimbo Baru Dipindahkan ke Jalur Dua

TPU Talang Rimbo Baru ini bakal dipindahkan karena disini bakal dibangun miniatur Masjidil Haram.
CURUP RPP – Perlahan namun pasti rencana pemindahan atau relokasi Tempat Pemakaman Umum (TPU) di Jalan Letjen Soeprapto Kelurahan Talang Rimbo Baru terus berjalan. Selain terus menggencarkan sosialisasi ke masyarakat, pemkab ternyata juga sudah menyiapkan anggaran untuk pembelian lahan tempat TPU direlokasi nantinya.

Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesra, Pranoto Majid, SH, M.Si ditemui di ruang kerjanya, Kamis (23/2) mengatakan dana untuk pembelian lahan relokasi TPU ini sudah dianggarkan di APBD 2017. Sayangnya Pranoto lupa nominal anggaran yang telah disiapkan, namun ia memastikan bahwa anggaranya sudah ada. Menurut dia, rencananya pemkab akan membeli tanah sekitar 4 sampai 5 hektare di Talang Rimbo Lama atau tepatnya di kawasan dua jalur.
“Sembari kita mempersiapkan itu, seluruh camat, lurah dan kades melakukan sosialisasi kepada masyarakat. Baik door to door maupun difasilitasi dengan pertemuan," ungkapnya.

Mantan Kabag Hukum Setdakab RL itu menjelaskan, rencana pemerintah merelokasi TPU itu karena dinilai sudah tidak layak lagi akibat sudah terlalu penuh. Selain itu, di lokasi TPU nanti pemkab berencana membangun sebuah masjid raya yang jauh lebih megah dari Masjid Agung Baitul Makmur, lengkap dengan fasilitas bangunan lainnya hingga menyerupai konsep miniatur Masjidil Haram.

Oleh karena itu, ia berharap seluruh masyarakat khususnya yang memiliki keterkaitan dengan TPU itu untuk mendukung rencana pemerintah ini. Sedangkan terkait munculnya pro dan kontra di masyarakat diakuinya tidak mungkin bisa dihindari lagi.
"Kita akan menimbang juga masukan dan kritikan dari masyarakat. Kalau memang lebih banyak yang menolak, tentu akan kita pertimbangkan lagi. Nanti jika memang gelombang penolakannya besar akan kita coba membuat rembuk besar dengan melibatkan seluruh pihak yang berkaitan dengan TPU itu," paparnya.

Selain itu, saat ini pemkab juga tengah menelusuri siapa pemilik tanah yang menjadi TPU itu. Sedangkan berdasarkan informasi yang mereka dapat tanah itu merupakan tanah hibah. Namun kemungkinan tidak hanya satu orang yang menghibahkannya.
"Kita telusuri dulu, karena nanti statusnya juga harus jelas itu sekarang milik siapa. Karena ketika kita akan pindahkan tentu harus tahu apakah statusnya nanti sebagai kepemilikan tukar guling dengan tempat yang baru atau bagaimana. Itu semua masih kita kaji dan kita selalu konsultasikan dengan pak bupati," pungkasnya. (yon)
  • Komentar via G+
  • Komentar via Facebook
Item Reviewed: TPU Talang Rimbo Baru Dipindahkan ke Jalur Dua Rating: 5 Reviewed By: Radar Pat Petulai