Wednesday, 22 February 2017

TNKS Beri Sinyal Izinkan Pembukaan Jalan ke Sungai Lisai


LEBONG RPP - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lebong terus berupaya agar pembukaan jalan ke Desa Sungai Lisai Kecamatan Pinang Belapis yang berada di zona inti Taman Nasional Kerinci Sebelat (TNKS). Untuk merealisasikan hal itu, Selasa (21/2) kemarin Pemda Lebong melakukan pertemuan dengan Tim Balai Besar TNKS di Aula Bappeda Lebong. Pertemuan dilakukan Bupati Lebong H Rosjonsyah S.Ip M.Si dengan Kabid Teknis Balai Besar TNKS, Rusman.

Plt Kepala Bappeda Lebong, Drs Robert Rio Mantovani melalui Kabid Penelitian dan Pengembangan (Litbang) Bappeda Lebong, Astrid Bungai Diwo S.Kom MM menjelaskan, dalam rangka mengambil izin peningkatan jalan ke Kementerian Kehutanan (Kemenhut), Tim Balai Besar TNKS datang ke Kabupaten Lebong untuk melakukan survei ke lapangan.

Peningkatan jalan direncanakan dilakukan mulai dari Desa Seblat hingga Dusun Air Putih Desa Sungai Lisai yang panjangnya kurang lebih 15 Km. "Hasil survei yang dilakukan tim Balai Besar TNKS ini akan dijadikan sebagai telaah dan rekomendasi ke Kemenhut," ujar Astrid.

Sementara Kabid Teknis Balai Besar TNKS, Rusman mengungkapkan, peningkatan jalan hanya dilakukan sebatas untuk akses penghubung antar desa (Seblat-Sungai Lisai). Dimana dalam pembangunannya nanti, lebar jalan hanya diperbolehkan 1,5 meter dengan konstruksi rabat beton atau yang identik dengan jalan PNPM. "Desa Sungai Lisai merupakan desa di zona khusus TNKS. Sebelum ada TNKS, desa tersebut sudah ada di sana. Mengingat kondisi akses ke dalam (Desa Sungai Lisai, red), dari segi kemanusiaan seperti ada warga yang sakit atau yang lainnya. Ini tadi kita rapat, kita bangun jalan hanya sebatas jalan penghubung desa saja. Lebar jalan juga dibatasi, mobil tidak bisa masuk," kata Rusman. (kif)
  • Komentar via G+
  • Komentar via Facebook
Item Reviewed: TNKS Beri Sinyal Izinkan Pembukaan Jalan ke Sungai Lisai Rating: 5 Reviewed By: Radar Pat Petulai