Monday, 20 February 2017

Tarif Retribusi Sampah Bakal Naik Rp 10 Ribu

Petugas kebersihan yang siap melakukan pembersihan dilapangan setia negara
SELUPU REJANG RPP - Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Rejang Lebong (RL) berencana akan menaikkan tarif retribusi sampah dari Rp 2 ribu menjadi Rp 10 Ribu per kepala keluarga (KK).
Menurut Kepala DLH RL, Ir. Amran, M.Si saat ini pihaknya sedang menggodok landasan hukum mengenai rencana kenaikan tarif retribusi ini sebab harus diatur secara resmi di dalam perda. "Akan kita koordinasikan ke bagian hukum dan harus melewati persetujuan dewan, jika tidak ada perubahan atau penolakan barulah bisa dilakukan kenaikan retribusi ini," kata Amran.

Kenaikan tarif hingga Rp 10 ribu per KK dianggap wajar dilakukan karena tarif retribusi sebesar Rp 2 ribu per bulan per KK dianggap terlalu kecil. Selain menaikkan tarif retribusi, pihaknya juga akan merubah mekanisme pembayarannya.
"Selama ini penarikan retribusi melalui rekening listrik yang ditempatkan petugas kebersihan di sana. Dalam Perda yang baru nanti, kita akan ubah mekanismenya karena dianggap kurang efektif lagi," terang Amran.

Dijelaskan, penarikan retribusi nantinya direncanakan melalui RT/RW dan tingkat kelurahan, selanjutnya ditarik melalui Kadus dan Kades untuk tingkat desa dan nantinya petugas penagih retribusi ini juga diberikan insentif. Dengan kenaikan rektribusi kebersihan ini, Amran yakin bisa menghasilkan pendapatan asli daerah (PAD) hingga Rp 1 miliar lebih. "Sudah ada Desa Teladan yang mandiri yakni menerapkan penarikan Rp 10 ribu, makanya saya yakin kenaikan tarif ini bisa diterima karena dirasa tidak memberatkan masyarakat," demikian Amran. (ben)
  • Komentar via G+
  • Komentar via Facebook
Item Reviewed: Tarif Retribusi Sampah Bakal Naik Rp 10 Ribu Rating: 5 Reviewed By: Radar Pat Petulai