Friday, 17 February 2017

"STAIN Punya Dua Nilai"

Gelar Stadium General 

STAIN Curup gelar stadium general kebhinekaan.
CURUP RPP - Memasuki awal perkuliahan semester genap tahun akademik 2016/2017, Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) curup menggelar stadium general di aula STAIN Curup, Kamis (16/2).
Dalam sambutannya, Ketua STAIN Curup, Dr. Rahmad Hidayat, M.Ag, M.Pd, mengatakan, STAIN Curup berbasis lembaga pendidikan tinggi, memiliki dua nilai. Pertama, nilai keislaman, karena STAIN merupakan perguruan tinggi agama Islam dan kedua, nilai kebangsaan, karena STAIN merupakan sekolah tinggi agama Islam negeri.
"Maka kita harus melaksanakan tugas keislaman. Kita kaji keislaman yang wasofia dan kita kaji keislaman yang rahmatanlilalamin. Tapi kita juga harus melaksanakan misi kebangsaan bagaimana kita menciptakan Negara Republik Indonesia yang lebih indah dan lebih kokoh," katanya.

Rahmad berharap, melalui stadium general yang mengusung tema "Toleransi Dalam Kebhinekaan Perspektif Keislaman dan Kebangsaan,", memberikan makna dan manfaat bagi semua pihak. Serta menjadi pemicu agar tidak memadamkan semangat  seluruh civitas akademika untuk mengembangkan dan memajukan STAIN Curup.

Sementara itu, Kapolres Rejang Lebong (RL), AKBP Napitupulu Yogi Yusuf, SH, SIK, mengatakan, Indonesia sebagai bangsa memiliki kebhinekaan dalam segala aspek. Baik sosial, budaya, suku, ras, golongan dan agama. Kebhinekaan ini perlu dipandang sebagai kekayaan bangsa yang didayagunakan sebagai potensi dalam pembangunan masyarakat yang adil dan makmur serta bermartabat.

Kebhinekaan di satu sisi dapat menjadi kekayaan yang mampu memberikan kontribusi dalam proses pembangunan bangsa dan Negara. Namun di sisi lain kebhinekaan juga dapat menjadi faktor potensial bagi munculnya fenomena disintegrasi bangsa, yang akhirnya bisa menghancurkan keberadaan suatu  bangsa. "Oleh sebab itu, diperlukan pemahaman dan kesadaran, bahwa toleransi dalam kebhinekaan adalah kekayaan dalam membangun bangsa melalui sikap toleransi di antara anak bangsa yang memiliki perbedaan," jelasnya.

Sedangkan Dr. Yusefri, M.Ag, saat memberi materi tentang Toleransi Kebhinekaan Dalam Perspektif Keislaman, menyampaikan, Islam akan menjadi rahmat untuk seluruh dunia. Tentu dengan diimplementasikan sistem hukum ketatanegaraan Islam, dan Islam menjamin, tidak akan pernah memaksa orang lain untuk masuk Islam. Penerapan sistem Islam akan menjamin sebuah kedamaian terhadap agama dan kepercayaan lainnya.

Selama orang-orang non muslim masih memegang teguh sebagai bagian dari negara, maka mereka 100 % dilindungi. "Jadi persepsi sistem Islam terhadap kebhinekaan beragama, telah jelas. Yakni menempatkan posisi yang sama dengan warga negara Islam terhadap masalah jaminan keamanan dan keadilan sosial bagi seluruh rakyatnya," ujar Yusefri. (ae1)
  • Komentar via G+
  • Komentar via Facebook
Item Reviewed: "STAIN Punya Dua Nilai" Rating: 5 Reviewed By: Radar Pat Petulai