Sunday, 26 February 2017

Setoran PAD Rumah Makan “Seadanya”

PAD
CURUP RPP – Kesadaran pemilik usaha rumah makan menyetorkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) sesuai ketentuan masih sangat rendah. Seharusnya rumah makan menyetorkan PAD sebesar 10 persen dari total pendapatan. Namun kenyataannya, yang mereka setorkan seadanya saja, paling besar Rp 30 ribu sebulan. Dan mirisnya hal ini dilakukan oleh lebih dari 50 persen usaha rumah makan yang ada di Rejang Lebong.
“Alasan mereka macam-macam mulai masih banyaknya kebutuhan serta masih kurangnya pemasokan atau kunjungan konsumen,” ujar Kepala Dinas Pariwisata Rejang Lebong (RL), Henny Kurniaty, SE, MM melalui Kabid Kemitraan dan Kelembagaan, Taslim, S.Sos.

Pihaknya sendiri menyesalkan masih rendahnya setoran PAD ini. Hal ini menunjukkan jika pemilik usaha rumah makan masih belum menyadari pentingnya PAD yang mereka setorkan bagi pembangunan daerah. Kedepan pihaknya akan mencari langkah baru untuk memaksimalkan PAD rumah makan. 

Diungkapkan Taslim, sebelumnya pihaknya pernah menempatkan petugas khusus di rumah makan untuk melakukan pengawasan. Namun hal tersebut berhenti dilakukan karena tak sesuai dengan hasilnya. "Memang hasilnya bagus saat ada khusus petugas yang ditempatkan di sana, namun petugas ini perlu makan dan biaya lainnya, makanya kegiatan ini dihentikan,” ungkapnya. (ben)
  • Komentar via G+
  • Komentar via Facebook
Item Reviewed: Setoran PAD Rumah Makan “Seadanya” Rating: 5 Reviewed By: Radar Pat Petulai