Wednesday, 22 February 2017

Sekolah Mesti Punya Daya Tarik

NOPRIANTO
PERMASALAHAN sekolah swasta yang selalu kekurangan siswa terus berlanjut sampai saat ini. Bahkan ada sekolah yang terpaksa tutup karena tidak memiliki siswa. Karena itu, diperlukan kreativitas pihak sekolah dalam menata lembaganya agar memiliki daya jual yang menarik minat dan simpati masyarakat. Ini disampaikan Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Rejang Lebong (Kadis Dikbud RL) H Nahdiyatul Hukmi M.Pd melalui Sekretaris Dikbud RL Drs Noprianto MM.
"Sebenarnya, sekolah itu kan sebuah jasa, jadi bagaimana sekolah, termasuk sekolah swasta ini bisa menampilkan daya tarik atau jual yang bisa memenuhi kebutuhan masyarakat. Sehingga bisa mengemas jasa tersebut sebaik mungkin untuk menarik minat masyarakat," kata Noprianto.

Selain itu, masalah yang dihadapi sekolah bukan hanya sekedar daya jual, tetapi seperti yang diketahui jumlah siswa masih relatif tetap, sedangkan jumlah sekolah semakin bertambah. Tentunya daya tampung siswa bisa meningkat dan pemerintah menyediakan sarana dengan cara menambah sekolah. Pada dasarnya hal penambahan ini bukan sebuah masalah besar bagi sekolah swasta, hanya saja kembali lagi ke daya jual sekolah itu sendiri.

Hal ini terbukti, tak hanya sekolah negeri yang diminati banyak siswa, ada juga sekolah swasta yang tempatnya jauh dari pusat kota justru memiliki banyak siswa. Bahkan sekolah tersebut sampai menolak siswa. "Dari sini bisa kita lihat, sekolah negeri atau swasta, kalau mereka bisa meyakinkan dan membuktikan mereka berhasil, tentu masyarakat akan tertarik. Padahal saat sekolah sudah sangat banyak sekolah-sekolah baru," demikian Noprianto. (ymr)
  • Komentar via G+
  • Komentar via Facebook
Item Reviewed: Sekolah Mesti Punya Daya Tarik Rating: 5 Reviewed By: Radar Pat Petulai