Monday, 13 February 2017

RL Bakal Punya Pabrik Saus

WAHONO
CURUP RPP - Ketua Komisi II Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Rejang Lebong (RL), H. Wahono, SP mengatakan, potensi tomat yang melimpah di Kabupaten RL perlu mendapatkan perhatian pemerintah daerah. Selama ini, tomat memiliki harga yang sangat murah dan selalu dibuang petani.

Oleh karena itu, ujarnya, jika memang eksekutif mengusulkan pembuatan pabrik saus tomat dalam APBD perubahan atau APBD 2018, DPRD RL akan mendukungnya, terutama komisi II. Jika memang terwujud, artinya paling lambat tahun 2018 nanti RL benar-benar memiliki pabrik saus tomat yang bisa menampung hasil petani tomat RL dengan harga yang lebih baik.

Sebenarnya, lanjut Wahono, perhatian pemerintah dalam hal pertanian, bisa diwujudkan terhadap seluruh komoditi unggulan RL. Baik kopi, pisang atau gula aren. Karena itu semua memiliki potensi yang sangat baik jika dikembangkan di Bumei Pat Petulai untuk meningkatkan perekonomian masyarakat.

Karena pisang juga bisa diolah berbagai jenis makanan tradisional yang memiliki nilai ekonomis cukup tinggi. Begitu juga kopi, bahkan pihak swasta yang mengembangkan kopi asli RL seperti Mountain Kaba Coffee yang sudah mampu menembus pasar Amerika Serikat. Tentu sudah saatnya Pemkab RL melirik potensi-potensi tersebut. "Selama ini kopi yang kita hasilkan, diolah oleh petani kita tapi yang dapat nama orang luar RL. Kita perlu sinergitas dari semua pihak untuk bisa memaksimalkan potensi ini hingga nantinya bisa dikenal sebagai produk asli RL yang memiliki nilai ekonomis tinggi," lanjutnya.

Di samping itu, posisi Ketua DPD RI yang saat ini dijabat H. M. Saleh, SE yang tidak lain seorang pengusaha sukses, juga diharapkannya, bisa menularkan jiwa enterpreneurship kepada masyarakat RL. Sehingga nantinya bisa mengubah mindset atau pola pikir masyarakat RL untuk menjadi masyarakat mandiri.
"Jadi harapan kami, adanya dorongan semangat dari orang berpengaruh di Indonesia, apalagi beliau juga asli warga RL dan tahu betul bagaimana karakter masyarakat di sini. Sehingga motivasi dari beliau sangat diharapkan, supaya jiwa enterpreneur itu menular dan mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat," harapnya. (yon)
  • Komentar via G+
  • Komentar via Facebook
Item Reviewed: RL Bakal Punya Pabrik Saus Rating: 5 Reviewed By: Radar Pat Petulai