Sunday, 26 February 2017

Rencana Pemindahan TPU, Ini Saran Dewan

SURYA
CURUP RPP - Rencana Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Rejang Lebong (RL) untuk memindahkan makam-makam yang ada di Tempat Pemakaman Umum (TPU) Talang Rimbo Baru ke Talang Rimbo Lama, di kawasan Jalur Dua mendapatkan respon dari anggota DPRD RL.

Anggota Fraksi Partai Amanat Nasional (PAN), Ari Wibowo, SE berpendapat, rencana bupati untuk membuat masjid itu sangat bagus. Akan tetapi Ari menyarankan untuk pemindahan makam sebaiknya tidak dilakukan. Akan lebih baik Pemkab membeli tanah kosong dibelakang TPU itu yang luasnya sekitar 1 hektare.

Kemudian lokasi TPU yang sekarang ditutup agar tidak ada penambahan lagi karena memang kondisinya sudah sangat penuh. "Rencana membuat miniatur masjidil haram dan masjid yang megah itu sangat bagus. Tapi kalau bisa jangan memindahkan makam itu, ini untuk menghindari kontra di masyarakat," ungkap Ari.

Sedangkan untuk pembangunan masjid raya dan miniatur Masjidil Haram, Ari menyarankan dibangun di lokasi Masjid Agung Baitul Makmur. Karena disekitar itu masih ada lahan kosong, jika memang kurang luas maka MTs Baitul Makmur dan gedung Islamic Center bisa dipindahkan ke lokasi lain. Dengan begitu diyakininya akan lebih hemat dari sisi biaya.

Selain tiui, juga bisa menekan penolakan di masyarakat dan juga lokasinya jauh lebih strategis karena dekat dengan rumah dinas bupati dan juga kompleks perkantoran. "Memindahkan makam itu tentu akan menghabiskan dana yang besar, belum lagi harus menyatukan pendapat ribuan ahli warisnya serta persetujuan pewakaf tanah itu. Oleh karena itu, saya minta bagian kesra segera membahasnya dengan DPRD," sarannya.

Sementara Waka II DPRD RL, Surya, ST meminta kepada pemkab untuk segera menggelar urun rembuk dengan ahli waris makam, tokoh masyarakat, tokoh agama dan pihak-pihak terkait lainnya untuk membahas rencana ini. Apalagi saat ini sosialisasi di masyarakat sudah gencar dilakukan dan calon lahan untuk relokasinya juga sudah ada ancang-ancangnya.
"Jangan sampai nanti memunculkan polemik di kemudian hari. Harapan saya sebelum jauh melangkah akan lebih baik dilakukan urun rembuk dulu dengan pihak-pihak terkait termasuk ahli waris yang dimakamkan disana. Jadi nanti apa yang dibangun dengan uang rakyat itu benar-benar yang dibutuhkan dan menjadi kepentingan masyarakat juga," tegas Surya. (yon)
  • Komentar via G+
  • Komentar via Facebook
Item Reviewed: Rencana Pemindahan TPU, Ini Saran Dewan Rating: 5 Reviewed By: Radar Pat Petulai