Friday, 17 February 2017

Rachel Lahir dengan Berat Satu Kilogram

Rachel

KEPAHIANG RPP - Jarang terjadi, seorang bayi lahir hanya seberat 1 kilogram. Tapi kenyataan ini dialami oleh pasangan suami istri Sofian (38) dan Fitriani (38). Bayi mereka yang diberi nama Rachel lahir dengan berat hanya satu kilogram. Bayi ini lahir Jum'at (3/2) di RSUD Kepahiang ditangani dokter spesialis kandungan dr. Oktri SpOG melalui operasi caesar.

Dalam istilah medis hal ini biasa disebut dengan istilah Berat Bayi Lahir Rendah (BBRL). Karena itu bayi tersebut harus mendapatkan perawatan intensif hingga berat badan normal lebih dari 2.500 gram.
Diketahui, salah satu faktor bayi BBRL adalah lahir secara prematur yakni usia kandungan 7 bulan. "Kandungan baru usia 7 bulan, tapi karena sudah kontraksi dan diperiksa sudah buka 2. Karena kondisi bayi sungsang, makanya proses kelahiran operasi SC," ungkap Fitriani.

Sementara itu, ayah sang bayi Sofian mengaku biaya operasi istrinya ditanggung BPJS PBI yang diberikan kelurahan tempat tinggalnya. Hanya saja, bayi BBRL yang harus mendapatkan perawatan khusus dengan waktu yang lama belum memiliki fasilitas BPJS. "Harapan kami ada kebijakan agar biayanya tidak membengkak, karena kami sudah usulkan dan penerbitan BPJS 14 hari kemudian," ungkap Sofian.

Terpisah, Plt. Direktur RSUD Kepahiang dr. Febi Nursanda kemarin menyampaikan jika berat lahir bayi mencerminkan hasil perkembangan dalam kandungan dan kecukupan nutrisi bayi saat dilahirkan. Dijelaskan bayi  BBLR  memiliki berat badan kurang dari 2500 gr (2,5 kg). Beberapa klasifikasi lain untuk berat lahir rendah adalah berat lahir sangat rendah jika di bawah 1,5 kg dan berat lahir rendah ekstrem jika di bawah 1 kg dengan begitu bayi harus mendapatkan perawatan khusus hingga BB naik lebih dari 2.000 gram. (ton)
  • Komentar via G+
  • Komentar via Facebook
Item Reviewed: Rachel Lahir dengan Berat Satu Kilogram Rating: 5 Reviewed By: Radar Pat Petulai