Thursday, 16 February 2017

PUT Diusulkan Jadi Kota


CURUP RPP - Padang Ulak Tanding (PUT) yang merupakan wilayah paling ujung berbatasan langsung dengan Kota Lubuklinggau, Sumatera Selatan (Sumsel), diusulkan Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi (Dinakertrans) menjadi kota. Jika sebelumnya sudah diusulkan menjadi Kota Terpadu Mandiri (KTM), namun seiring pergantian presiden program itupun hilang sebelum PUT menjadi KTM.

Kini, Dinakertrans sedang menyusun ulang persyaratan, untuk mengusulkan PUT menjadi kota dalam program Pembangunan Kota Baru (PKB), nama lain dari KTM. Karena usulan KTM dulu sebagian syaratnya sudah banyak yang kadaluarsa dan nama program pembangunan kotanya dari pemerintah juga berubah, sehingga harus menyesuaikan.
"Tahun ini kita susun syaratnya, jadi tahun depan sudah bisa kita usulkan ke Kementerian Pemberdayaan Masyarakat Desa dan Transmigrasi. Sehingga nantinya PUT akan menjadi kota yang pembangunan insfrastrukturnya dilakukan pemerintah pusat menggunakan APBN. Tapi pemerintah daerah tetap mengeluarkan dana sharing," ujar Kepala Dinakertrans Rejang Lebong (RL), Dwi Purnamasari, SE, MM.

Dipilihnya PUT menjadi kawasan yang akan dijadikan kota,tidak terlepas dari historis, kecamatan PUT banyak memiliki kawasan transmigrasi. Seperti Trans Tanjung Sanai, Trans Bukit Baru, Trans Bukit Merbau, Trans Lubuk Mumpo dan Trans Derati yang sekarang sudah masuk Kecamatan Kota Padang.

Sehingga pembangunan kota di wilayah eks trans ini sangat tepat jika ditempatkan di PUT. Kawasan PUT dianggap sangat tepat. Lokasinya strategis, dilintasi jalan nasional yang menghubungkan Sumatera Selatan dan Bengkulu. Kemudian daerah ini memang kawasan eks transmigrasi jadi sangar tepat.

Ia berharap, dengan sudah dibangunnya PKB nanti, pembangunan insfrastruktur akan semakin cepat karena langsung dilakukan pemerintah pusat serta meningkatkan perekonomian masyarakat. "Konsepnya sama persis seperti kota. Nanti akan ada wilayah pertokoan, pasar dan tempat umum lainnya. Jadi bisa mempercepat pembangunan daerah juga serta meningkatkan ekonomi masyarakat," pungkas Dwi. (yon)
  • Komentar via G+
  • Komentar via Facebook
Item Reviewed: PUT Diusulkan Jadi Kota Rating: 5 Reviewed By: Radar Pat Petulai