Friday, 24 February 2017

PTJR Diduga Rekrut Pekerja tak Sesuai UU

PTJR
LEBONG RPP - Beredar informasi bahwa salah satu perusahaan yang bergerak di bidang pertambangan batubara di Kabupaten Lebong, melakukan perekrutan pekerja dengan status tak jelas. Dimana pihak perusahaan tidak memberikan kontrak kerja, sehingga karyawan tidak mendapatkan hak-haknya kecuali gaji bulanan.

Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Lebong membenarkan informasi tersebut. Namun untuk memastikan informasi itu, dalam waktu dekat Disnakertrans Lebong akan melakukan pengecekan ke perusahaan yang dimaksud. "Kita sudah dengar bahwa salah satu investor di Kabupaten Lebong, yakni PT Jambi Resource (PTJR) melakukan perekrutan karyawan dengan status tak jelas, karena tidak ada kontrak kerja. Terkait hal ini, kita akan segera turun ke lokasi untuk melakukan pengecekan," ungkap Plt Kepala Disnakertrans Lebong, Bambang Teguh.

Dikatakannya, untuk perekrutan pekerja, pihak perusahaan mesti tunduk pada Undang-undang Nomor 13 Tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan. "Kita akan lihat apakah perusahaan sudah melakukan perekrutan tenaga kerja sesuai perundang-undangan atau tidak. Kalau tidak sesuai, maka akan kita berikan teguran. Dari inormasi yang kita peroleh, PTJR ini sudah melakukan perekrutan kurang lebih 50 orang pekerja, dan mereka sudah bekerja selama 6 bulan. Namun para pekerja ini belum diberikan kontrak kerja, juga tidak terdapat penjelasan terkait jam kerja, tunjangan lembur, dan lainnya sesuai tuntutan undang-undang," katanya.

Sementara itu, berdasarkan informasi yang dihimpun wartawan di lapangan, para pekerja yang direkrut oleh PTJR ini bekerja di bawah tekanan. Mereka tidak berani mempertanyakan status kontrak mereka, karena adanya pemecatan dari pihak perusahaan. "Kami sudah 6 bulan bekerja, namun sampai sekarang tidak ada kontrak kerja. Kalau ada yang berani menanyakan hal itu, maka konsekwensinya akan dipecat oleh manajemen perusahaan. Akibat tidak adanya kontrak kerja ini, kita tidak tau apakah kita masih dalam training atau sudah karyawan. Untuk penghasilan, kita hanya mendapatkan gaji. Sedangkan tunjangan lain-lain tidak ada," kata salah seorang pekerja PTJR yang mewanti-wanti namanya tak ditulis.
Sayangnya, hingga berita ini ditulis, pihak manajeman PTJR belum dapat dikonfirmasi. (kif)
  • Komentar via G+
  • Komentar via Facebook
Item Reviewed: PTJR Diduga Rekrut Pekerja tak Sesuai UU Rating: 5 Reviewed By: Radar Pat Petulai