Friday, 10 February 2017

PMI Temukan Darah Terpapar Sifilis

Ilustrasi/kantong darah
CURUP RPP - Palang Merah Indonesia (PMI) Rejang Lebong (RL) tengah gencar mencari darah untuk memenuhi kebutuhan darah bagi masyarakat. Sepanjang tahun 2017 ini, dari beberapa kegiatan penyadapan darah yang dilakukan oleh PMI, mereka sudah menemukan darah yang terpapar penyakit sipilis.

Menurut Ketua PMI RL, Hendra Wahyudiansyah, SH melalui Wakil Ketua IV, Alektrino Lasta Fortana, ada empat jenis penyakit yang bisa dideteksi oleh PMI melalui proses skrining tes. Yakni Hepatitis B, Hepatitis C, HIV dan Sifilis (penyakit kelamin). Skrining tersebut dilakukan oleh PMI setelah selesai proses penyadapan di laboratorium Unit Transfusi Darah (UTD) RSUD Curup.
"Sepanjang 2017 ini kita menemukan sekitar 5 kantong darah yang terpapar penyakit itu. Terdiri dari 1 penyakit sifilis dan 4 lainnya terpapar Hepatitis B. Jadi inilah keuntungan donor darah, kita juga bisa sekaligus mengetahui apakah kita itu sehat atau tidak," ujar Alek.

Jika menemui donor yang terpapar penyakit ini, PMI RL akan langsung menghubungi yang bersangkutan. Tapi, jika kegiatan donor darah tersebut diadakan di dinas atau instansi maka PMI akan menghubungi pimpinan instansi tersebut untuk diberitahukan kepada yang bersangkutan untuk segera berobat. Akan tetapi idenditas pendonor tetap dirahasiakan.

Sedangkan darah-darah yang terpapar penyakit itu oleh PMI RL langsung dimusnahkan di incenerator RSUD Curup. “Jadi darah yang kita berikan kepada masyarakat itu benar-benar sudah dijamin bebas dari 4 jenis penyakit tersebut,” imbuhnya.

Sepanjang 2017 ini PMI RL sudah melakukan donor darah di beberapa instansi. Seperti di Bappeda mendapat 24 kantong, Badan Pengelolaan Keuangan Daerah (BPKD) 39 kantong, Badan Kepegawaian, Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) 14 kantong, Dinas Pertanian dan Perikanan 16 kantong, DP3A PPKB 14 kantong, Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu 17 kantong, SPN Bukit Kaba 71 kantong, SMPN I RL 8 kantong. (yon)
  • Komentar via G+
  • Komentar via Facebook
Item Reviewed: PMI Temukan Darah Terpapar Sifilis Rating: 5 Reviewed By: Radar Pat Petulai