Monday, 13 February 2017

Perteguh 4 Pilar Kebangsaan

KETUA DPD RI H Mohamad Saleh SE memberikan materi mengenai empat pilar kebangsaan untuk menjaga keutuhan NKRI dalam dialog Muda Berkarya sabtu kemarin
CURUP RPP – Ketua Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia (DPD RI), H. Mohamad Saleh, SE mengajak seluruh elemen masyarakat untuk tetap memegang teguh 4 pilar kebangsaan dalam kehidupan sehari-hari. Yakni menjunjung tinggi nilai-nilai pancasila sebagai ideologi bangsa Indonesia, Undang-Undang Dasar 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dan Bhineka Tunggal Ika.

Karena 4 pilar itu merupakan syarat minimal dalam penyelenggaraan negara untuk mewujudkan bangsa yang merdeka, berdaulat, adil dan makmur. Hal ini disampaikan Saleh saat mengisi materi dalam dialog kebhinekaan yang digelar Muda Berkarya di Aula STAIN Curup, Sabtu (11/2).

Momentum dialog yang mengusung tema "Mari Berbhineka, Jangan Mudah Diadu Domba" itu menurutnya sangat baik untuk menciptakan cita-cita luhur bangsa, menjadikan Indonesia sebagai bangsa yang besar, adil dan makmur. Tentunya dengan menanamkan nilai-nilai kebersamaan, toleransi, saling menghargai dan gotong royong.
"Menghargai orang lain itu adalah suatu kewajiban, bukan kebutuhan. Kemudian, kita harus menjaga betul apa itu toleransi, kebersamaan serta nilai-nilai luhur budaya bangsa ini. Sehingga tercapaian Indonesia yang aman, nyaman dan sentosa," paparnya.

Kemudian mewakili Ketua STAIN Curup, Wakil Ketua II STAIN Curup Dr H Hamengkubuono, M.Pd mengatakan bahwa Indonesia saat ini sedang mengalami krisis budaya dan jati diri. "Makanya kita harus memiliki nilai nasionalisme, paradigma berfikir yang positif, saling menghargai, saling menghormati dan nilai patriotisme," kata Hamengkubuono.

Selain itu, Kapolres RL AKBP Napitupulu Yogi Yusuf SH SIK yang diwakili oleh Kasat Intelkam AKP Risdianta mengatakan, negara memberikan batasan-batasan dengan menggunakan aturan perundang-undangan. "Jadi kami dalam menjaga keamanan bangsa ini memiliki beberapa peranan. Mulai dari fungsi Polri sebagai Intelkam, Reskrim, Sabara, Lantas dan Binmas," ujarnya.

Pemateri terakhir, Ketua Komisi III DPRD RL yang juga calon Ketua DPRD RL M Ali ST mengungkapkan, bahaya narkoba di Indonesia benar-benar sangat menghawatirkan. Bahkan pengaruh narkoba ini juga bisa menyebabkan perpecahan antar sesama warga Indonesia. Karena narkoba bisa merusak saraf pemakainya.
"Oleh karena itu kita harus menghindari penyalahgunaan narkoba dan terus kompak untuk menjaga keutuhan NKRI ini. Jangan sampai kita berfikiran kerdil, membatasi wawasan kita. Karena cakrawala kehidupan ini sangat luas, ladang ilmu sangat banyak dan tentu itu harus kita gali semuanya untuk membentengi jiwa dan raga kita dari pengaruh negatif yang bisa merusak persatuan dan kesatuan NKRI ini," kata Ali.

Kegiatan dialog ini juga dihadiri oleh Ketua Komisi II DPRD RL H Wahono SP, Kepala Badan Kesbangpol Khaidir, mahasiswa, tokoh masyarakat, tokoh pemuda dan pelajar. (yon)
  • Komentar via G+
  • Komentar via Facebook
Item Reviewed: Perteguh 4 Pilar Kebangsaan Rating: 5 Reviewed By: Radar Pat Petulai