Thursday, 23 February 2017

Penjualan Obat Mengandung Dextromethorphan Dibatasi

Obat mengandung Dextromethorphan
CURUP RPP – Penyalahgunaan obat-obatan yang mengandung Dextromethorphan di kalangan pelajar belakangan ini marak. Seperti lem aibon, komix dan terbaru samcodin atau dikenal bebem. Untuk itu, Dinas Sosial Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (Dinsos PMD) Kabupaten Rejang Lebong (RL) mengajukan penerbitan peraturan bupati (perbup) guna membatasi penjualan obat-obatan yang mengandung Dextromethorphan.
"Ya sangat marak sekali penyalahgunaan obat dan lem ini. Maka dari itu kita akan bertindak cepat agar tidak semakin parah," ujar Kepala Dinas Sosial Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (Dinsos PMD) Kabupaten Rejang Lebong (RL), Drs. Darmansyah, MM melalui Kabid Sosial Arya Tomi, SE.

Ia mengatakan, jenis obat-obatan ini bisa membuat mabuk jika digunakan secara berlebihan. Parahnya lagi bisa membuat kecanduan penggunanya. “Perbupnya saat ini masih dalam penggodokan di bagian hukum sekretariat pemerintah daerah,” imbuhnya.

Arya mengungkapkan, akan ada sanksi bagi penjual yang melanggar perbup ini nanti. Contohnya dalam drap yang tengah digodok, pada pasal 14 Bab VIII ayat 1 menyebutkan, warung yang tidak melaksanakan perbup sebagaimana disebutkan pada pasal 4 dikenakan sanksi asministratif dan sanksi hukum. Pada ayat 2 berbunyi sanksi administratif berupa a. teguran, b. teguran lisan, c. penghentian sementara kegiatan usaha dan d. pencabutan izin. "Untuk sanksi hukum pada ayat 1 dilaksanakan oleh kepolisian serta ketentuan lebih lanjut mengenai sanksi adminstratif ini ditetapkan di peraturan bupati dan hukum yang berlaku," jelasnya.

Jika perbup ini sudah selesai nanti dan disahkan, secepatnya akan disosialisasikan kepada warung dan apotek penjual obat. Mengenai cara pembatasan obat serta penjualan lem ini, warung atau apotek tidak boleh menjualnya kepda anak yang masih di bawah umur, usia remaja atau masih dalam usia sekolah. Kecuali didampingi orang tua.
“Nanti kami juga akan menggandeng Satpol PP dalam pengawasannya. Ketika ditemukan anak yang masih menyalahgunakan obat-obatan ini, akan kami cari tahu dimana ia membelinya. Dengan begitu kami bisa menindak warung atau apotek yang masih berani menjual obat-obatan ini secara bebas,” tandasnya. (ben)
  • Komentar via G+
  • Komentar via Facebook
Item Reviewed: Penjualan Obat Mengandung Dextromethorphan Dibatasi Rating: 5 Reviewed By: Radar Pat Petulai