Friday, 24 February 2017

Pemilik Tambang Ilegal Minta Keadilan

POLICE LINE: Polisi saat menyegel tambang pasir ilegal di kawasan Talang Benih beberapa hari lalu.

Khairul: Tindak Satu, Tindak Semua!

CURUP RPP – Statemen keras Kapolres Rejang Lebong (RL) AKBP Napitupulu Yogi Yusuf, SH, SIK yang bakal mengambil tindakan tegas terhadap pemilik tambang galian C di Kelurahan Talang Benih mendapat tanggapan pemilik tambang.

Khairul, salah seorang pemilik tambang yang ikut di-police line Jumat (12/2) lalu itu mengaku tidak masalah jika memang polres akan melakukan penutupan terhadap tambang milik mereka. Mereka menyadari tambang mereka melanggar Perda RTRW dan tidak bisa diurus lagi izinnya.

Namun, ia meminta aparat berlaku adil dalam menegakkan hukum. Jika tambang mereka ditutup dengan alasan melanggar Perda RTRW. Maka ia juga meminta seluruh aktivitas tambang di Kecamatan Curup juga ditutup, karena pasti melanggar Perda RTRW. Begitu juga aktivitas tambang di luar Kecamatan Curup yang tidak memiliki izin, Khairul juga meminta untuk ditutup sesuai dengan aturan yang berlaku.

Jangan sampai buka tutup, sebab pemasangan police line itu menurutnya sudah sering dilakukan namun bisa kembali beroperasi tapi akhirnya juga harus kembali dipasangi police line. "Kawasan Talang Benih yang masuk Kecamatan Curup itu kawasan penyangga pangan. Tapi banyak juga bangunan dan rumah berdiri di sawah-sawah dan itu sudah pasti menyalahi aturan. Tolong jangan pandang bulu, harus ditindak tegas semua, tanpa IMB bongkar bangunannya,” tegasnya.

Namun disisi lain ia tetap berharap Pemkab RL bisa melakukan revisi terhadap Perda RTRW dan merubah Kecamatan Curup bukan lagi sebagai kawasan penyangga pangan. "Harapannya Perda RTRW itu direvisi dan aktivitas pertambangan di sana itu legal, karena kalau soal izin kami bisa mengurusnya sendiri ke Dinas ESDM Provinsi Bengkulu. Selama ini kami selalu punya izin dan membayar PAD, tapi selama ada Perda ini tidak bisa lagi karena statusnya tidak berizin," tandasnya. (yon)
  • Komentar via G+
  • Komentar via Facebook
Item Reviewed: Pemilik Tambang Ilegal Minta Keadilan Rating: 5 Reviewed By: Radar Pat Petulai