Friday, 10 February 2017

Pemadaman Listrik Mulai Dikeluhkan

Ilustrasi/RPP
CURUP RPP – Pemadaman listrik yang terjadi beberapa hari terakhir mulai dikeluhkan oleh masyarakat. Terutama oleh para pelaku usaha. Seperti dialami peternak itik di Desa Rimbo Recap, Amin. Saat ini ia sedang melakukan penetasan telur-telur itik, namun karena terjadi pemadaman listrik selama beberapa hari ini membuat telur yang ditetas menjadi terganggu. Bahkan ada beberapa butir telur yang tidak jadi menetas. "Ada 9 mesin tetas yang hidup masing-masing berisikan 200 telur. Jika terus mengalami pemadaman litrik ini jelas penetasan terganggu dan bisa-bisa setengah jumlah yang ditetas akan gagal," keluh Amin.

Dalam mengurangi risiko gagal penetasan ini, ia terpaksa menggunakan mesin genset. Namun karena waktu pemadaman berlangsung cukup lama sehingga ia harus mengeluarkan biaya yang besar untuk pembelian bahan bakar genset. “Kalau sebentar tidak masalah, tapi kalau sudah hampir seharian, bisa rugi kami,” tandasnya.

Keluhan serupa disampaikan Rustam, salah satu pemilik mesin fotokopi di Kecamatan Curup Selatan. Menurut dia, pemadaman listrik yang terus terjadi membuat mesin fotocopi miliknya tidak bisa beroperasi maksimal. “Jelas kami rugi, orderan fotocopi banyak yang tidak bisa kami terima karena listrik padam terus,” ketusnya.

Dihubungi ke ponselnya kemarin, Manager PLN Rayon Curup, A Rafiko melalui Supervisor Distribusi Listrik, Safrudin mengaku pemadaman yang berlangsung dua hari terakhir dilakukan karena ada pergantian kabel listrik mulai dari simpang Kota Beringin menuju Pekalongan. Pekerjaan pergantian kabel listrik ini berdampak pada pemadaman untuk wilayah Kecamatan Curup Selatan. "Mulai dari aliran perbatasan Curup - Kepahiang atau mulai dari Kelurahan Tempel Rejo - Ke Air Putih Baru mengalami imbas pemadaman listrik karena pergantian kabel ini," kata Safrudin.

Namun ia memastikan pemadaman kemarin merupakan hari terakhir pemadaman karena penyelesaian pengerjaan pergantian kabel ini ditergetkan selesai Kamis 9/2). "Mulai besok (Hari ini, red) listrik akan mulai normal kembali karena pergantian kabel sudah selesai," ujarnya. (ben)
  • Komentar via G+
  • Komentar via Facebook
Item Reviewed: Pemadaman Listrik Mulai Dikeluhkan Rating: 5 Reviewed By: Radar Pat Petulai