Monday, 27 February 2017

Nyalon Ketua RT, Bayar Rp 150.000, Panitia: Sudah Dimusyawarahkan

Proses pemilihan Ketua RT 05, Kelurahan Karang Anyar Kecamatan Curup Timur. Foto: Bambang Radar Pat Petulai.
CURUP RPP - Kelurahan Karang Anyar Kecamatan Curup Timur kembali melaksanakan proses demokrasi berupa pemilihan Ketua RT, Sabtu (25/2). Kali ini, pemilihan dilakukan untuk pemangku jabatan Ketua RT 05 yang memang sudah habis masa baktinya, bahkan sudah dilakukan perpanjangan. Selain itu, pihak kelurahan setempat juga mendapat laporan jika Ketua RT bersangkutan dinilai tidak loyal dan kurang pendekatan dengan warga.

Dalam prosesnya terdapat 2 warga yang mencalonkan diri, yakni Suwardi dan Taufik Hidayat. Antusias warga yang memilih pun tergolong tinggi. Dimana dari 104 pemilih yang terdata, hanya 2 warga yang tidak memilih. Dari pemilihan tersebut, calon Ketua RT atas nama Suwandi berhasil meraup 55 suara pemilih, sedangkan Taufik Hidayat hanya berhasil mengumpulkan 14 suara. Sementara 33 suara lainnya dinyatakan batal karena mencoblos di luar kotak gambar calon.

Informasi lain yang berhasil dihimpun wartawan, pada proses pemilihan Ketua RT 05 ini, pihak panitia pelaksana pemilihan memungut biaya sebesar Rp 150.000 kepada masing-masing calon. Informasi itupun dibenarkan oleh ketua panitia pemilihan, Mardaus. Menurutnya, biaya pendaftaran itu digunakan untuk keprluan pembelian kertas, pena, dan fotokopi surat suara. Besaran biaya itupun disepakati berdasarkan hasil musyawarah yang dilaksanakan oleh Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) Kelurahan Karang Anyar.

Sementara itu, Ketua RT 02 Kelurahan Karang Anyar, H Timin membenarkan jika proses penggantian Ketua RT ini didasari laporan warga yang diterima pihaknya sebulan yang lalu. Selain itu, karena masa jabatan yang bersangkutan memang sudah habis. "Demi terciptanya demokrasi dan menuruti keinginan masyarakat, maka kami laksanakan pemilihan baru," kata H Timin seraya menambahkan, dalam pemilihan Ketua RT ini, setiap satu rumah hanya kepala keluarga (KK) yang mendapat undangan memilih. (wsa)
  • Komentar via G+
  • Komentar via Facebook
Item Reviewed: Nyalon Ketua RT, Bayar Rp 150.000, Panitia: Sudah Dimusyawarahkan Rating: 5 Reviewed By: Radar Pat Petulai